Kota Lama Kesawan bakal jadi destinasi wisata unggulan kota Medan

- Rabu, 28 September 2022 | 21:28 WIB
Walikota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen   Cipta Karya Kementrian PUPR Diana Kusumastuti sudah melakukan peninjauan beberapa waktu yang lalu ke Kota lama Kesawan. (sumber foto: Kementerian BUMN)
Walikota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR Diana Kusumastuti sudah melakukan peninjauan beberapa waktu yang lalu ke Kota lama Kesawan. (sumber foto: Kementerian BUMN)

LOMBOK INSIDER - Jika tidak ada aral melintang, dalam waktu tidak lama lagi Kota Medan akan memiliki destinasi wisata di pusat kota yang sangat menarik.

Destinasi wisata itu adalan Kesawan, sebuah pusat perkotaan tempo dulu di Kota Medan.

Kawasan Kesawan dijuluki Kota Lama dan lokasinya sangat dekat dengan Lapangan Merdeka.

Baca Juga: Menantu Presiden Jokowi perintahkan pemasangan stiker dan spanduk di Mall Yuki, ini sebabnya

Bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan, PT Brantas Abipraya (Persero) yang merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN) di bidang karya, saat ini sedang menata kawasan Kota Lama Kesawan.

PT Brantas Abipraya (Persero) punya pengalaman dalam urusan mempercantik sebuah kota lama.

Sebelumnya pihak Brantas Abipraya telah menata ulang Kota Lama Semarang yang telah rampung pada 2019 lalu.

Baca Juga: Bobby Nasution sang menantu Presiden Jokowi bikin Kota Medan semakin transparan

Nah, guna memastikan pekerjaan PT Brantas Abipraya (Persero) berjalan lancar, Walikota Medan Bobby Nasution bersama Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti sudah melakukan peninjauan beberapa waktu yang lalu.

Mereka melihat proses pembangunan infrastruktur permukiman kawasan Kota Lama Kesawan yang telah dimulai di Jalan Perniagaan.

Targetnya, penataan kawasan Kota Lama Kesawan ini akan selesai pada November 2023 mendatang.

Baca Juga: Terjun ke dunia sineas, menantu Presiden Jokowi jadi bintang film berjudul 1 CM

“Pembangunan infrastruktur ini merupakan komitmen penuh Brantas Abipraya dalam membangun negeri lewat upaya menghidupkan kembali makna legacy dari wilayah tersebut," ungkap Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Miftakhul Anas bilang Brantas Abipraya berharap nanti wilayah ini dapat mengembangkan perekonomian dan menjadi destinasi wisata baru nan cantik.

Ditambahkan Anas, revitalisasi ini akan memperkuat daya tarik heritage dan potensi seni budaya di ibukota Provinsi Sumatera Utara tersebut.

Baca Juga: Terjun ke dunia sineas, menantu Presiden Jokowi jadi bintang film berjudul 1 CM

Ia menerangkan, terdapat tujuh lingkup pengerjaan yakni masa persiapan, revitalisasi saluran drainase, pekerjaan jalur utilitas, Jalan Balai Kota, Jalan Bukit Barisan, dan Jalan Pangkal Pinang.

Selain itu, pekerjaan koridor di Jalan Ahmad Yani, pekerjaan kawasan Jalan Perniagaan, Jalan Kereta Api, pekerjaan kawasan Jalan Masjid, dan pekerjaan kawasan Pasar Hindu.

Nantinya pemugaran kawasan Kota Lama Kesawan ini bakal menjadikannya sebagai salah satu ikon Kota Medan.

Baca Juga: Aneh tapi nyata, tinggal di tengah kota tapi setelah 25 tahun warga baru memiliki jalan beraspal

Juga bakal menjadi salah satu nilai unggulan yaitu meningkatkan nilainya sebagai destinasi untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Halaman:

Editor: Bro Hen

Sumber: Kementerian BUMN RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X