Getuk Goreng Sokaraja yang paling legend ini tidak hanya sekedar oleh-oleh, tapi bagus untuk kesehatan

Junita Sianturi
- Kamis, 4 Agustus 2022 | 08:51 WIB
Getuk Goreng legendaris varian original.  (Screenshoot @aprillia_dapurmozaec )
Getuk Goreng legendaris varian original. (Screenshoot @aprillia_dapurmozaec )

Lombok Insider – Kurang joss kalau berkunjung ke Sokaraja Banyumas, jika tidak mencicipi atau membawa oleh-oleh legendaris Getuk Goreng Asli Sokaraja.

Sejarah Getuk goreng ditemukan pada tahun 1918 secara tidak sengaja oleh bapak Sanpirngad, seorang penjual nasi rames keliling di daerah Sokaraja. Di mana getuk basah adalah salah satu dagangannya.

Baca Juga: Nama desa rusak, Padepokan Nur Dzat Sejati ditutup paksa warga

Pada saat itu getuk yang ia jual tidak laku sehingga beliau memiliki akal agar getuk tersebut bisa dikonsumsi kembali. Kemudian getuk yang tidak habis terjual beliau goreng dan dijual kembali. Ternyata getuk goreng ini digemari para pembeli dan disukai. Kini getuk goreng bukanlah makanan yang tidak lagi terjual melainkan getuk yang sengaja di jual.

Proses recyle makanan pada getuk biasa yang tidak habis sebelumnya dilakukan agar tidak mubazir atau dapat tetap menghasilkan.

Sejak saat itu getuk goreng menjadi makanan ciri khas Sokaraja bahkan menjadi buah tangan atau oleh-oleh yang wajib dibeli jika kita mendatangi Sokaraja.

Baca Juga: Super laris dan viral, berikut cara membuat mie Gacoan yang sangat menggoda selera..

Rasa yang dicipatkan dari bahan baku singkong ini awalnya hanya ada varian original atau memiliki rasa legit (manis) dari gula aren dan sedikit gurih dari kelapa. Saat ini makanan tersebut sudah banyak dilirik oleh masyakat sehingga mulai melakukan inovasi terhadap varian rasanya.

Adapun varian rasa dari Getuk Goreng ini terdiri dari, original, durian, coklat dan nangka.

Getuk goreng yang dipelopori oleh Sanpringad atau saat ini dikenal dengan Getuk Goreng Asli H Tohirin, membuat para pelaku usaha ikut menjajakan atau menjual makanan yang berbahan baku singkong tersebut ramai dijual di sepanjang Jalan Sokaraja.

Halaman:

Editor: Junita Sianturi

Sumber: https://instagram.com/aprillia_dapurmozaec?igshid=YmMyMTA2M2

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hidden Paradise di Yogyakarta, Kedung Pedut

Selasa, 4 Oktober 2022 | 10:32 WIB

Risol lumer modal 1.000 an, terlaris untuk jualan

Senin, 3 Oktober 2022 | 16:13 WIB
X