Resep rendang Minangkabau ala kampung masaknya pakai kayau bakar dan kuali besi, tambuah ciek!

- Jumat, 29 Juli 2022 | 19:46 WIB
Proses memasak Rendang Padang (Herlina Basri)
Proses memasak Rendang Padang (Herlina Basri)

LOMBOKINSIDER - Rendang Padang dan Rendang Minangkabau itu sebetulnya sama. Tapi orang lebih terbiasa menyebut Rendang Padang, padahal seharusnya Rendang Minangkabau.

Karena nama Padang itu adalah nama ibukota, sementara Minang atau Minangkabau lebih merujuk kepada suku. Tapi entah dari mana berasal, sebutannya lebih populer dengan istilah Rendang Padang.

Baca Juga: Intip rendang daging Bunga Citra Lestari hampir sama dengan rendang Mamak-mamak Bukit Tinggi, ini resepnya...

Suku Minangkabau sangat terkenal dengan kuliner rendang, sampai-sampai pernah ada bule Nurwegia yang yang menciptakan lagu nasi padang, gara-gara ia terkesan dengan kuliner Rendang Padangnya yang aduhai.

Di daerah Minangkabau sendiri masyarakat tradisional terbiasa memasak Rendang Padang. Pada acara perhelatan tertentu, Rendang Padang selalu ada.

Baca Juga: Resep bakwan khas Pontianak ala Devina Hermawan plus sambal, garing di luar lembut di dalam

Melalui tulisan ini yang diambil dari chanel youtube @Herlina Basri yang tampaknya mereka sengaja mendokumentasikan bagaimana para masyarakat Minangkabau memasak Rendang Padang ketika ada suatu perhelatan.

proses menyiapkan santan kental (Herlina Basri)

Chanel youtube ini menujukkan secara step by step masyarakat Minangkabau memasak Rendang Padang dengan menggunakan daging sapi. Mereka memasaknya dengan kayu bakar dan menggunakan kuali besi.

Halaman:

Editor: Tarwiyah AR

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X