• Sabtu, 25 Juni 2022

Sidang Umum PBB, Menparekraf: Indonesia jadi acuan dunia penanganan pandemi dan kebangkitan pariwisata

- Jumat, 6 Mei 2022 | 17:14 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno di Sidang Umum PBB. (kemenparekraf.go.id)
Menparekraf Sandiaga Uno di Sidang Umum PBB. (kemenparekraf.go.id)

LOMBOK INSIDER - Menparekraf Sandiaga Uno menyebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi acuan dunia dalam penanganan pandemi COVID-19 dan keberhasilan dalam membangkitkan sektor pariwisata setelah dua tahun dihantam pandemi. 

Hal tersebut disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan sambutan Sidang Umum PPB pada event 'High-level Thematic Debate on Tourism' yang digelar oleh United Nations General Assembly Hall, New York Amerika Serikat, Rabu 4 Mei 2022. 

Pada Sidang Umum PBB, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, pandemi COVID-19 memberikan dampak yang besar terhadap industri pariwisata dunia dan Indonesia.

Baca Juga: Pebedaan pandangan Islam Sunni dan Salafi dalam sejumlah hal berikut 

Pandemi membuat pergerakan turis internasional turun 73 persen dibanding dari level pra-pandemi tahun 2019. Dampaknya juga semakin besar karena pariwisata memiliki dampak lanjutan (multiplier effect) ke sektor lain. 

"Di Indonesia lebih dari 34 juta orang dengan mata pencaharian bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Sandiaga Uno. 

Karenanya penting bagi setiap negara untuk mengubah konsep industri pariwisata yang lebih berkelanjutan. Dengan pariwisata global yang mulai tumbuh pascapandemi, sekarang saatnya untuk memulai transformasi ini.

Baca Juga: Serangan anjing rabies kembali makan korban seorang anak kecil di Sumbawa Barat 

Ia mengungkapkan Indonesia melihat tren positif dalam perjalanan dan pariwisata global dengan pertumbuhan 130 persen pada Januari 2022, dibandingkan dengan tahun 2021. 

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Sumber: kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X