• Sabtu, 25 Juni 2022

Google Travel Insights: Pariwisata inbound ke Indonesia naik hingga 94 persen ke tingkat pra-pandemi

- Kamis, 28 April 2022 | 16:52 WIB
Ilustrasi kedatangan wisatawan ke Indonesia berdasarkan Google Travel Insights. (Pixabay.com)
Ilustrasi kedatangan wisatawan ke Indonesia berdasarkan Google Travel Insights. (Pixabay.com)

Lombok Insider - Analisis penelusuran Google Travel Insights terkait perjalanan wisata mengungkapkan, bahwa sejak dicabutnya kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina pada Maret 2022, minat wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia naik hingga 94% dari yang dicapai pada 2019 lalu.

Secara global menurut Google Travel Insights, Bali merupakan destinasi dengan pertumbuhan tercepat, dan Kuta dan Ubud, menjadi destinasi wisata yang mencatat tingkat penelusuran paling tinggi. Sebagian besar peminat berasal dari Australia, Amerika Serikat, India, Inggris, dan Singapura. 

Dari Google Travel Insights, pencarian untuk pariwisata outbound dari Indonesia mencapai hampir 70% dari posisi di tahun 2019 sebelum merebaknya pandemi.

 Baca Juga: Kejuaraan Asia 2022: Jojo lolos ke perempat final, The Daddies terhenti

Singapura, Paris, Kuala Lumpur, Dubai, dan Sydney adalah lima destinasi teratas yang paling banyak dicari. Penelusuran untuk “vacation rentals” melonjak 1.400% dari Maret 2021 hingga Maret 2022. 

Hal ini menunjukkan potensi terjadinya masa kunjungan yang lebih lama di luar negeri dan preferensi terhadap akomodasi yang lebih eksklusif. 

Sedangkan dalam penelusuran untuk "asuransi perjalanan" selama periode satu tahun yang sama meningkat hingga 78% yang menunjukkan adanya keinginan wisatawan untuk tetap terlindungi dari setiap insiden tak terduga.

Baca Juga: Tanda malam Lailatul Qadar, malam seribu bulan yang dinantikan kaum muslimin

Untuk wisatawan domestik, di bulan Maret penelusuran terkait perjalanan wisata 16% lebih tinggi dibandingkan bulan yang sama di tahun 2019. Selama satu tahun terakhir, dari Maret 2021 hingga Maret 2022: 

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X