• Sabtu, 25 Juni 2022

Kemenparekraf optimalkan pengembangan Desa Wisata di KEK Mandalika Lombok

- Minggu, 24 April 2022 | 08:41 WIB
Desa Wisata Sasak Ende di Lombok Tengah. (lombokinsider.com)
Desa Wisata Sasak Ende di Lombok Tengah. (lombokinsider.com)

LombokInsider.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus berupaya secara optimal mendorong pengembangan Desa Wisata yang ada di KEK Mandalika Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sehingga Desa Wisata, khususnya di kawasan KEK Mandalika Lombok menjadi lokomotif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. 

Terlebih penyelenggaraan event sport bertaraf internasional yakni World Superbike dan MotoGP telah menjadi magnet terbesar di kawasan KEK Mandalika Lombok, telah membuat Desa Wisata di lingkar sirkuit semakin dikenal.

Baca Juga: SDN 3 Bukit Tinggi masih rusak akibat Gempa 2018, Gubernur Bang Zul: Insya Allah segera ada solusi 

Selain itu, Mandalika ditetapkan sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata dalam Peraturan Pemerintah No. 52 tahun 2014. 

Karenanya, pengembangan desa wisata perlu digarap dengan maksimal, baik dari segi amenitas, atraksi, hingga aksesibilitas. 

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dalam acara “Focus Group Discussion Pemetaan Desa Wisata Penyangga di DPSP Mandalika”, di Hotel Aston Inn, Mataram, NTB, Rabu 20 April lalu, menjelaskan desa wisata menjadi fokus pengembangan destinasi wisata di era pandemi COVID-19. Sehingga ke depannya setelah pandemi, desa wisata diharapkan dapat menjadi tonggak perekonomian nasional.

Baca Juga: Gelar Ramadhan Fest 2022, Bunda Niken nilai NTB Mall kreatif dan sukses 

“Secara fisik pengembangan desa wisata tentunya harus berkolaborasi dengan kementerian/lembaga lain. Kemudian dengan pengembangan produk wisata non-fisik seperti budaya dan kearifan lokal masyarakatnya, kita akan terus dampingi. Desa Wisata akan memperkuat nilai tambah ekonomi di masyarakat desa,” kata Vinsensius. 

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Sumber: kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X