• Sabtu, 25 Juni 2022

Libur Lebaran 2022, Menparekraf Sandiaga Uno perkirakan perputaran ekonomi capai Rp72 triliun

- Selasa, 19 April 2022 | 17:15 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 18 April 2022. (kemenparekraf.go.id)
Menparekraf Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 18 April 2022. (kemenparekraf.go.id)

LombokInsider.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memperkirakan perputaran ekonomi saat momen libur lebaran 2022 akan mencapai Rp72 triliun.

Angka perputaran ekonomi tersebut menurut Sandiaga Uno diperkirakan bisa lebih tinggi mengingat durasi libur dan cuti bersama pada momen libur lebaran 2022 cukup panjang.

Menparekraf Sandiaga Uno saat Weekly Press Briefing di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Senin 18 April 2022 menjelaskan, rata-rata pengeluaran wisatawan nusantara (wisnus) di Indonesia pada tahun 2020 mencapai Rp1,5 juta.

Baca Juga: Pemprov NTB dorong PMI produktif berdayakan ekonomi keluarga 

Sedangkan, wisnus yang berasal dari Pulau Jawa dan berkunjung ke destinasi di Pulau Jawa rentang rata-rata pengeluarannya mencapai Rp900 ribu hingga Rp1,5 juta. 

“Diprediksi 48 juta pemudik di tahun ini lantaran pemerintah telah melonggarkan peraturan, dan diperbolehkan mengambil libur dan cuti bersama cukup panjang, maka diprediksi uang yang dikeluarkan oleh seluruh pemudik selama momen lebaran dapat mencapai Rp72 triliun,” ujar Sandiaga Uno

Menparekraf juga menjelaskan, momentum mudik libur lebaran akan berdampak signifikan pada peningkatan konsumsi rumah tangga, yang mana sektor ini merupakan kontributor terbesar pada pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Bareskrim telah periksa 27 saksi korban yang rugi ratusan miliar terkait Fahrenheit 

“Peningkatan biasanya terjadi di sisi konsumsi untuk makanan dan minuman, pakaian, transportasi, serta hotel dan restoran pada periode mudik lebaran. Sumbangan ketiga sektor tersebut mencapai sekitar 25 persen pada konsumsi rumah tangga, sehingga fenomena mudik akan sangat berpengaruh pada konsumsi rumah tangga,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Sumber: kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X