• Sabtu, 25 Juni 2022

Jelang MXGP, YKI dan STP MATARAM berkolaborasi latih layanan pariwisata warga di Sumbawa

- Senin, 11 April 2022 | 17:24 WIB
Peserta pelatihan berpose bersama dengan latar belakang objek wisata P. Moyo (Sri Susanty.)
Peserta pelatihan berpose bersama dengan latar belakang objek wisata P. Moyo (Sri Susanty.)

LombokInsider.com - Yayasan Konservasi Indonesia (YKI) menggandeng STP Mataram, memberi training singkat jelang pagelaran event MXGP di Samota-Sumbawa

Tourism Service Training, kolaborasi dua lembaga edukasi ini menjadi sangat penting dan bernilai, menyiapkan diri menyambut wisatawan yang akan datang ke Pulau Sumbawa

Akademisi pariwisata, penyandang gelar doktor perempuan pertama di NTB, Sri Susanty, menjadi salah satu motor penggerak pelatihan ini.

Baca Juga: Tabrak Truk Tronton yang terparkir dari belakang, 2 pelajar pengendara motor tewas di tempat 

"Pelatihan ini nantinya mampu meningkatkan skill dan percaya diri masyarakat di sekitar Teluk Saleh dan Pulau Moyo. Khususnya keterampilan di bidang service atau layanan wisatawan seperti pengelolaan homestay, kuliner, tourism service, hospitality, dan pengelolaan desa wisata," papar Santy, belum lama ini.

Pendampingan dan pelatihan stay-in ini, lanjut Santy, bertujuan untuk meningkatkan skill, knowledge, dan attitude masyarakat desa wisata agar terus berlanjut dengan program pemberdayaan lainnya yang dibutuhkan masyarakat. 

Santy, didampingi dosen STI Par Soromandi Bima NTB, Devi Anggriani yang melakukan pendampingan di dua desa wisata ini. Program pendampingan dan pelatihan ini juga mendapat dukungan dan support dari perusahaan cat, Mowilex.

Baca Juga: 9 oleh-oleh khas Lombok dan Sumbawa yang paling banyak diburu wisatawan 

"Kami diberi kepercayaan oleh Yayasan Konservasi Indonesia, Ibu Lita Hutapea dalam usaha peningkatkan kapasitas SDM di Pulau Moyo-Sumbawa. Kami juga percaya pelatihan singkat ini akan memberi banyak manfaat bagi peserta dan masyarakat Pulau Sumbawa," imbuh Santy penuh harap. 

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X