• Minggu, 22 Mei 2022

Bonus Wisata Bahari di Gelaran MotoGP Mandalika 2022

- Minggu, 16 Januari 2022 | 16:04 WIB
Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Persiapan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, di Hotel Kuta Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 13 Januari 2022. (Foto: Setkab.go.id)
Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Persiapan Pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, di Hotel Kuta Mandalika, Nusa Tenggara Barat, Kamis, 13 Januari 2022. (Foto: Setkab.go.id)

LombokInsider.com - Kebangkitan pariwisata di Provinsi NTB benar-benar menjadi kenyataan. Ide pengembangan kawasan ekonomi khusus Mandalika dimulai sejak era orde baru. Sayangnya, BUMN yang pernah ditunjuk sebagai pengelola justru bangkrut. Badan usaha itu menguap hingga sebagian kalangan memberinya stigma lama tak di-ceritakan.

Saat ini, pemerintah bersama masyarakat dan parapihak terus memacu pertumbuhan di lapangan. Bapak Presiden meminta semua aspek ditingkatkan agar mendukung bagi lompatan lebih tinggi. Berbagai potensi termasuk atraksi budaya bisa diintegrasikan. Gelaran MotoGP Mandalika telah menjadi formula ciamik, dengan magnet wisata bahari di bagian selatan Pulau Lombok yang sangat eksotis. Selanjutnya efek Mandalika harus berkontribusi maksimal bagi pembangunan NTB dan Indonesia tentunya.

MotoGP Mandalika 2022 termasuk event terbesar dunia. Dorna Sport merilis jadwal perlombaan dimulai 18-20 Maret 2022. Pemerintah terus memantau berbagai perkembangan sejak November 2021. Dalam rapat terbatas 13 Januari 2022 di NTB, Presiden ingin segera memastikan persiapan manajemen dan infrastrukturnya. Semua fasilitas terutama layanan Bandara, mobilitas menuju sirkuit Mandalika, fasilitasi hotel setempat dan di pusat kota atau kabupaten dipersiapkan dengan standar tinggi.

Presiden bersama Menteri BUMN, Menteri Pariwisata, dan Mensesneg sudah meresmikan Injourney Holding Pariwisata. PT Aviata ditunjuk sebagai Leader untuk mengkonsolidasikan BUMN Pariwisata agar terintegrasi. Bisa jadi Gelaran MotoGP merupakan strategi pembangunan wisata bahari oleh Pemerintah. Perkembangan terkini justru mengingatkan saya pada ungkapan Kadis Budpar NTB (L Gita Aryadi) waktu itu, bahwa kalau yang ini insyaallah tidak dalam cerita.***

Editor: Wiji Johar Santoso

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X