• Minggu, 22 Mei 2022

Rumah Bakso, Kisah Perjalanan 41 Tahun Metamorfosis dari Bakso Keliling Hingga Sekarang

- Senin, 13 Desember 2021 | 18:25 WIB
Marianto dan karyawan Rumah Bakso. (dok. Rumah Bakso)
Marianto dan karyawan Rumah Bakso. (dok. Rumah Bakso)

LombokInsider.comRumah Bakso ternyata memiliki kisah perjalanan yang panjang bermetamorfosis dari awalnya jualan bakso keliling, hingga kini memiliki tempat yang representative. 

“Ya, banyak yang tidak mengetahui bahwa Rumah Bakso tidak serta merta berdiri seperti sekarang. Kami benar-benar merintis mulai dari titik nol,” kata Marianto, pemilik Rumah Bakso, mengawali kisahnya kepada Lombokinsider.com. 

Menurut Marianto, 41 tahun yang lalu, tepatnya pada 1980 Ia sudah ada di Pulau Lombok untuk memulai usaha bakso keliling, dengan rombongnya.

Baca Juga: Relawan Pendukung Anies di Jabar dan Jateng Deklarasikan Dukungan Anies Calon Presiden 2024  

Berjalannya waktu, Rumah Bakso yang pada saat itu masih bernama Bakso Sederhana sempat memiliki lapak kaki lima di pusat pertokoan di Cakranegara, yang pada waktu itu merupakan pusat perekonomian di Kota Mataram.

“Bakso kami sempat booming juga pada tahun-tahun 1980an itu, selain berjualan, kami juga merintis usaha produksi bakso di daerah Pasar Sindu. Mulai dari sana usaha kami mengalami pasang surut, jatuh bangun, setiap usaha ini tidak lepas dari ujian dan cobaan,” jelasnya, Ahad 12 Desember 2021, di Rumah Bakso, Jl. Brawijaya, Gg. Raden Ayu no.1, Kota Mataram, Lombok. 

Perjalanan yang sangat panjang dan melelahkan, pada 1980 saat itu harga bakso per mangkok masih Rp50 hingga sekarang sudah mencapai 20 ribuan.

Baca Juga: Mau Jadi Tuan Rumah Formula 1? Ini Syarat yang Harus Dipenuhi NTB 

Seiring waktu, justru Basko Sederhana milik Marianto sempat berhenti jualan karena banyak perubahan dan banyaknya bangunan ruko yang mulai dibangun pada waktu itu di daerah Cakra.

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X