• Minggu, 22 Mei 2022

Romantisme Perjalanan Pariwisata Bali, NTB dan Pulau Komodo Era 1980 dan 1990

- Senin, 6 Desember 2021 | 09:01 WIB
Kuta Mandalika saat ini dihajatkan menjadi pusat Sport Tourism di NTB. (Sirajuddin)
Kuta Mandalika saat ini dihajatkan menjadi pusat Sport Tourism di NTB. (Sirajuddin)

LombokInsider.com - Tidak salah memang jika Bali dijadikan kiblat atau ikon pariwisata di Indonesia, karena memang pariwisata Indonesia berawal dari sana.

A. Sejarah Pariwisata Indonesia di Mulai dari Bali 1920- 1980 

Perjalanan Pariwisata Indonesia telah ada dimulai sejak 1920 dengan berbagai peristiwa sejarah dan kolonialisme di berbagai daerah di Tanah air. Pada Era ini belum muncul istilah pariwisata karena suasana kebatinan bangsa Indonesia lebih banyak tercurah dalam perjuangan meraih kemerdekaan dari penjajahan . 

Namun demikian, peristiwa pemanfaatan alam sebagai sarana istirahat dan melepas lelah bagi para tentara Belanda dan para pencari hasil bumi nusantara dan rempah-rempah telah memanfaatkan pantai, gunung, laut dan kampung serta sawah di bumi nusantara untuk tinggal, berlibur dan istirahat terutama di pulau Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Baca Juga: Menko PMK dan Sekda NTB, Gowes Bareng dan Bagi Sembako untuk Warga 

B. Peran media masih terbatas dan nama Bali sendiri sebagai media bagi pariwisata Indonesia belum maksimal.

Nyaris pariwisata dan peran media tidak ada, padahal peristiwa perjalanan orang dan barang sudah terjadi dan bahkan para pedagang dari Eropa, Timur Tengah dan Afrika sudah berlayar dari Aceh sampai Maluku.

Tahun 40an aktifitas pariwisata sudah mulai muncul dengan mengambil peristiwa di Bali yaitu Nusa Dua, Sanur dan Kuta sebagai "The Land of God and the land of Paradise" yaitu pulau para Dewa dan Tanah Surga begitulah wisatawan menyebut Bali.

Komitmen Poltekpar Lombok bersama media di NTB untuk menyukseskan MotoGP 2022. (Sirajuddin)

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 tempat sewa mobil di Lombok saat liburan

Senin, 2 Mei 2022 | 21:28 WIB
X