Selamat! UNWTO Pilih Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta, Sebagai Desa Wisata Terbaik Dunia

- Jumat, 3 Desember 2021 | 06:31 WIB
Desa Wisata Nglanggeran asal Gunungkidul Yogyakarta ini menjadi desa wisata terbaik dunia versi UNWTO dalam ajang Best Tourism Villages 2021, Kamis, 2 Desember 2021. (www.unwto.org)
Desa Wisata Nglanggeran asal Gunungkidul Yogyakarta ini menjadi desa wisata terbaik dunia versi UNWTO dalam ajang Best Tourism Villages 2021, Kamis, 2 Desember 2021. (www.unwto.org)

LombokInsider.com – United Nation World Tourism Organitation (UNWTO), menjatuhkan pilihannya ke Desa Wisata Nglanggeran Yogyakarta, sebagai desa wisata terbaik dunia. 

Desa Wisata Nglanggeran asal Gunungkidul Yogyakarta ini menjadi desa wisata terbaik dunia versi UNWTO dalam ajang Best Tourism Villages 2021, Kamis, 2 Desember 2021. 

Selain Desa Wisata Nglanggeran, 2 desa wisata lain yang juga menjadi duta Indonesia adalah Desa Wisata Tetebatu - Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Desa Wisata Wei Rebo-Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Baca Juga: Doa Meminta Kebaikan dan Keselamatan Dunia Akhirat

Meski Tetebatu dan Wei Rebo belum berhasil menang, namun dari segi promosi, sudah mulai dikenal luas di berbagai belahan dunia setelah tercatat sebagai peserta lomba. 

"Semoga kesuksesan ini akan menginspirasi banyak desa - desa wisata lain di Indonesia, terus berbenah menjadi yang terbaik," ungkap Pengamat Pariwisata Nasional, Taufan Rahmadi, memberi motivasi desa lain di Indonesia. Kamis 2 November 2021. 

Sebelumnnya, Desa Wisata Nglanggeran juga telah memperoleh pengakuan sebagai destinasi wisata unggulan dan meraih berbagai penghargaan antara lain:

Baca Juga: Beasiswa NTB Banyak Diburu Milenial dan Masyarakat, Ini Buktinya! 

  1. Juara 1 Penyelamat Lingkungan Seleksi Kalpataru 2009 Propinsi DIY.
  2. CIPTA Award dari Kemenbudpar RI Tahun 2011
  3. UKM Terbaik Lomba Wirausaha Inovatif Berbasis Lingkungan dan Sosial oleh Yayasan Inovasi Teknologi Indonesia (INOTEK) kerjasama PT. Sampoerna.Tbk Tahun 2015.
  4. Desa Wisata Terbaik Asean konsep CBT Tahun 2017
  5. Pemenang ASTA (Asean Sustainable Tourism Award) Tahun 2018.

Bukan hanya itu, Desa Wisata Nglanggeran juga telah berhasil memenuhi konsep pengembangan kawasan dengan tiga unsur utama di dalamnya yaitu Geodiversity, Biodiversity dan Culturaldiversity.

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X