• Selasa, 7 Desember 2021

Ini Dia 5 Ikan Favorit Masyarakat Indonesia

- Kamis, 25 November 2021 | 14:10 WIB
Ikan Gurami ukuran jumbo (Instagram/rcgsportsfishing)
Ikan Gurami ukuran jumbo (Instagram/rcgsportsfishing)

LombokInsider.com - Minat masyarakat Indonesia untuk mengonsumsi ikan mengalami peningkatan loh. Konsumsi ikan secara nasional mengalami kenaikan sangat banyak hingga mencapai 1,2 juta ton. Capaian tersebut, menunjukkan kalau kampanye makan ikan di seluruh Nusantara mulai memperlihatkan hasil.

Nutrisi dalam ikan sangat tinggi, bahkan lebih tinggi dibanding daging dan ayam. Ditambah lagi, harga ikan mungkin lebih terjangkau dibandingkan daging dan ayam. Kandungan asam lemak omega 3, kalsium, vitamin D, dan fosfor banyak terkandung pada ikan. Tak hanya itu, ikan juga kaya akan vitamin dan mineral lain, seperti vitamin B2, zat besi, zink, yodium, magnesium, dan kalium.

Di Indonesia sendiri, banyak sekali jenis-jenis ikan yang sangat digemari oleh masyarakat. Ikan-ikan air tawar pun banyak yang menjadi primadona dalam konsumsi sehari-hari. Apa saja sih ikan-ikan yang sangat digemari itu? Yuk Mom, simak artikel dari kami berikut.

Gurame bakar kecap (Instagram/kelasmemasak)

1. Ikan Gurame

Ikan gurame berasal dari perairan Sunda. Ciri ikan ini adalah bentuk ikannya yang pipih dan lebar. Meski berasal dari perairan Sunda, kini ikan gurame banyak ditemukan di berbagai wilayah Indonesia karena ikan ini lebih mudah ditemukan di perairan beriklim tropis. Dikenal dengan rasa dagingnya yang gurih, maka tak heran banyak yang suka dengan olahan ikan gurame ini. Banyak olahan ikan gurame yang cukup terkenal seperti Ikan Gurame Bumbu Asam Manis Pedas, Ikan Gurame Bumbu Rica-Rica, Gurame Goreng Saos Mentega, dan lain-lain.

Pecel Lele (Instagram/nyantapnyantap)

2. Ikan Lele

Dikenal dengan tubuh licin dan panjang yang semakin mengecil kearah ekor, lele memiliki ciri khas tersendiri yakni kumis yang panjang. Meski ukuran nya termasuk kecil, lele disukai banyak orang karena rasanya yang gurih dan daging nya yang lembut. Selain digoreng dan disajikan bersama sambel menjadi pecel lele, ikan ini juga dapat dimasak menjadi mangut lele atau dibakar dengan bumbu kecap.

Gulai Ikan Mas (Instagram/ideresepbekal)

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Sumber: Regal Springs Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Masakan: Cara Membuat Mangut Tilapia yang Lezat

Kamis, 25 November 2021 | 15:24 WIB

Ini Dia 5 Ikan Favorit Masyarakat Indonesia

Kamis, 25 November 2021 | 14:10 WIB
X