• Selasa, 7 Desember 2021

Menparekraf Targetkan Ekspor Produk Ekonomi Kreatif Sebesar Rp16,83 Triliun pada 2022, Kerjasama dengan UE

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 17:24 WIB
Bendera Bulgaria dan bendera Uni Eropa berkibar di Bulgaria.  (Foto oleh Neven Myst di Unsplash)
Bendera Bulgaria dan bendera Uni Eropa berkibar di Bulgaria. (Foto oleh Neven Myst di Unsplash)

LombokInsider.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan ekspor produk ekonomi kreatif sebesar Rp16,83 triliuan pada 2022.

Untuk mencapai target itu, Menparekraf mempromosikan produk ekonomi kreatif Indonesia dengan bekerjasama dengan Uni Eropa

"Sektor pariwiata dan ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap PDB negara. Sebelum pandemi, devisa sektor pariwisata ada di posisi dua setelah minyak dan gas bumi," kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengadakan pertemuan dengan 19 Duta Besar negara-negara Uni Eropa di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Kamis (14/10/2021).

Oleh karena itu, jelas Menparekraf Sandiaga, kementerian yang dipimpinnya menargetkan di tahun 2022 nilai devisa pariwisata dan kontribusi PDB pariwisata harus lebih ditingkatkan. 

Baca Juga: TGB Zainul Majdi: Memperingati Maulid Merupakan Bagian dari Mensyukuri Kehadiran Rosulallah Saw

Rupanya gayung bersambut. Duta Besar Bulgaria Petar Dimitrov Andonov mengatakan pihaknya memiliki program untuk mendukung pengembangan sektor ekonomi kreatif Indonesia.

"Program ini dimulai pada tahun 2021 - 2027 den gan anggaran sebesar 2,4 miliar Euro," kata Dubes Bulgaria Petar Dimitrov Andonov.

“Jadi kami ingin menawarkan kerja sama dengan Indonesia untuk untuk meningkatkan daya saing, salah satunya dengan data transfer di bidang ekonomi kreatif,” ujarnya.

Menparekraf pun menyambut baik usulan kerja sama tersebut. Seperti diketahui, Menprekraf menargetkan untuk dapat meningkatkan nilai ekspor produk ekonomi kreatif hingga Rp16,83 triliun di tahun 2022, terlebih karena Indonesia menduduki peringkat ketiga dunia untuk ekonomi kreatif setelah Amerika dengan Hollywood, dan Korea Selatan dengan K-Pop.

Baca Juga: Baim Wong Akhirnya Malu Sendiri Ketika Bertemu Kakek Suhud: Dia Orang Baik!

Halaman:

Editor: Kasan Mulyono

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Resep Masakan: Cara Membuat Mangut Tilapia yang Lezat

Kamis, 25 November 2021 | 15:24 WIB

Ini Dia 5 Ikan Favorit Masyarakat Indonesia

Kamis, 25 November 2021 | 14:10 WIB
X