• Selasa, 21 September 2021

Dukung Pariwisata NTB Gemilang, ASPPI NTB Siap Sukseskan WSBK dan MotoGP

- Kamis, 9 September 2021 | 16:06 WIB
rakerda asppi
rakerda asppi

Mataram, LombokInsider.com – Sebagai salah satu asosiasi yang mendukung berkembangnya pariwisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) menuju NTB Gemilang, DPD ASPPI (Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia) NTB siap menyukseskan berbagai even yang akan berlangsung di NTB dalam waktu dekat.

Hal ini ditegaskan Badrun, Ketua DPD ASPPI NTB terpilih periode 2021-2025, di sela-sela Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I, yang bertema “Aktif, Solid dan Bersinergi Untuk Pariwisata NTB Gemilang”.

“Pada acara Rakerda ini, kami akan menyusun program-program beberapa tahun kedepan agar Rakerda cukup satu kali saja selama kepengurusan ini. Saya menghimbau seluruh anggota yang hadir untuk menuangkan ide dan gagasannya untuk program kerja bersama empat tahun kedepan,” jelas Badrun, Kamis (9/9/21) di Ballroom Hotel Golden Palace, Mataram.

Menurutnya, selain untuk kepentingan organisasi, ASPPI NTB juga siap untuk ikut serta menyukseskan even-even nasional maupun internasional yang akan diselenggarakan di NTB dalam waktu dekat.

“Kami ASPPI NTB ini siap mendukung pelaksanaan even-even besar seperti World Superbike (WSBK) 2021 pada November dan MotoGP pada Maret 2022,” ujarnya.

Selain itu, para pelaku pariwisata NTB ini juga mendukung Desa Wisata Tetebatu yang sedang berkompetisi dalam ajang Best Tourism Village UNWTO 2021, untuk menjadi salah satu Desa Wisata terbaik di dunia.

“Kami melakukan pembinaan terhadap para pelaku pariwisata di Tetebatu, agar saat penilaian nanti mereka sudah siap, inilah wujud dukungan kami terhadap Tetebatu yang mewakili NTB dan Indonesia di ajang internasional tersebut,” ungkap Badrun.

Ditambahkan oleh H. Saefudin Zohri sebagai Wakil Ketua I, bidang organisasi, bahwa selama masa pandemi ASPPI NTB banyak memanfaatkan waktu untuk meningkatkan kapasitas SDM anggotanya.

ASPPI juga bersama pemerintah dan pokdarwis membantu menata dan mengembangkan daya tarik desa-desa wisata yang ada di Lombok.

“Para anggota ASPPI NTB sudah menyiapkan strategi pemasaran bagaimana menjual destinasi-destinasi wisata baru agar diminati para pelancong pasca pandemi nanti. Selain itu para anggota juga telah mengikuti berbagai pelatihan digital marketing untuk persiapan saat pandemi ini berlalu nanti,” jelas Saefudin.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi yang hadir mewakili Gubernur NTB, mengapresiasi dukungan ASPPI NTB untuk kemajuan Pariwisata NTB Gemilang.

“Keberadaan ASPPI sangat berpengaruh untuk pariwisata NTB, karena tidak mungkin pemerintah dapat berjalan sendiri tanpa sinergi dari berbagai pihak, termasuk ASPII sebagai pelaku langsung dari pariwisata ini,” ujar Yusron.

Yusron menambahkan bahwa Pemprov NTB sedang fokus dalam membangun Desa Wisata, karena dari data yang ada saat ini wisatawan lebih tertarik untuk mendatangi destinasi yang masih alami dengan berbagai kelebihannya.

Hadir pada acara Rakerda I DPD ASPPI NTB ini, seluruh anggotanya yang terdiri dari pelaku pariwisata yang ada di NTB, juga stakeholder pariwisata lainnya. (LI/AA)

Editor: Agus Apriyanto

Tags

Terkini

X