Impian Marc Klok, Gelandang Persib Bandung untuk bergabung ke Timnas Indonesia akhirnya menjadi kenyataan

- Jumat, 15 April 2022 | 06:17 WIB
Marc Klok (@marcklok10)
Marc Klok (@marcklok10)

Lombok Insider – Berita dipanggilnya Marc Klok untuk bergabung ke Timnas Indonesia akhirnya menjadi kenyataan. Pemain kelahiran Amsterdam Belanda (20/04/1993) itu terlihat sudah latihan bersama Timnas U-23 Indonesia untuk persiapan Sea Games Hanoi Vietnam bulan Mei 2022 mendatang.

Gelandang Persib ini diketahui telah mengajukan proses WNI sejak berseragam PSM Makasar tahun 2019. Marc Klok sudah menanti 1,5 tahun, dan baru disumpah di Kemenkum HAM pada (12/11/2020). Setelah resmi mendapat Paspor dan KTP Indonesia, ia pun tidak serta merta bisa gabung dengan Timnas Indonesia. Masih ada klausul dari 4 point regulasi FIFA yang harus dipenuhi salah satunya.

Baca Juga: Media asing sebut Indonesia bisa bangkrut jika proyek Jokowi ini dilanjutkan

Ternyata Marc Klok tidak bisa menunjukkan bukti keturunan Indonesia, seperti ayah/ibu atau kakek/nenek yang lahir di Indonesia. Karena itu sesuai aturan FIFA mensyaratkan harus memenuhi izin domisili 5 tahun. Syarat ini baru akan terpenuhi April 2022, sehingga pada ajang Sea Games Hanoi Vietnam, Mei 2022 nanti, Klok sudah bisa tampil bersama Timnas Indonesia.

Memang bukan jaminan juga, bergabungnya Marc Klok bakal membuat Timnas Garuda juara di Sea Games Hanoi atau Piala Dunia. Tetapi minimal Pelatih Shin Tae-yong sudah mendapat skuad terbaik dari seleksi pemain Liga 1 Indonesia dan yang merumput di luar negeri.

Baca Juga: Nasdaq dan SP 500 memerah dibebani saham megacap

Aturannya memang membolehkan, sehingga tidak salah jika itu diperjuangkan untuk mencapai standar maksimal kualitas Timnas sesuai harapan Pelatih. Serahkan semua (baca “berikan kepercayaan sepenuhnya”) kepada Pelatih dan Direktur Teknis Timnas Indonesia. Selebihnya mari kita dukung dan mendo’akan yang terbaik untuk Timnas demi bangsa dan negara.

Jika mencermati profile Gelandang Persib Bandung ini, tentunya memiliki reputasi yang mumpuni. Marc Klok adalah jebolan FC Utrecth (2011-2013), kemudian berkarier profesional di Skotlandia, Bulgaria, dan Inggris (2014-2017). Setelah itu, ia bergabung dengan PSM Makasar (2017-2019), di Persija (2020-2021), dan kini berlabuh dengan Persib Bandung.

Baca Juga: Puncak Badai Matahari Terjadi Tahun Ini, Ketahui Dampaknya Terhadap Bumi Kita

Kehadiran Marc Klok diharapkan menjawab kerisauan Coach STY soal minimnya gelandang serang handal untuk bersaing di kancah Asia. Coach STY sudah berbicara dengan Marc Klok saat menyaksikan pertandingan Persib Bandung vs Bali United, pada 14 Maret 2022 di Bali.

Halaman:

Editor: Joe Santoso

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur minta maaf

Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:54 WIB
X