• Minggu, 22 Mei 2022

Indonesia Siap Pertahankan Gelar Piala AFF U23 di Kambodja

- Minggu, 16 Januari 2022 | 06:32 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (Instagram/Shin Te-yong)
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (Instagram/Shin Te-yong)

LombokInsider.com - Piala AFF (Asean Football Federation) U23 adalah turnamen sepak bola usia muda dua tahunan. Event di kawasan Asia Tenggara ini seharusnya sudah menghasilkan 8 trophi juara. Namun karena berbagai sebab gelaran AFF U23 baru terlaksana 3 kali. 

Pada turnamen AFF U23 pertama di Bangkok (2005), Thailand menjadi juara setelah mengalahkan Singapura 3-0. Kemudian pada gelaran AFF U23 kedua di Kambodja (2019), Indonesia berhasil angkat trophi dengan menumbangkan juara bertahan. Dalam laga final di stadion National Olympic, Phnom Penh, 26 Februari 2019, Saddil Ramdhani dkk sukses mengungguli Thailand 2-1.

Turnamen AFF U23 akan digelar kembali pada tanggal 14-23 Februari 2022 di Kambodja. Sebelas negara siap bertanding, dan sebagai juara bertahan Indonesia membawa misi khusus di ajang AFF ketiga ini. Hanya tersisa waktu sebulan bagi Pelatih Timnas Indonesia untuk meracik Skuad Garuda Muda. Shin Tae Yong harus memenangkan setiap laga, sehingga gelas juara di negeri Uncle Norodom Sihanouk tersebut bisa dipertahankan. 

Timnas Garuda Muda akan berada di Group B bersama Laos, Myanmar, dan Malaysia. Di Group A terdapat Kambodja sebagai tuan rumah, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam. Sementara di Group C diikuti 3 negara yang sedang bersinar, yakni: Thailand, Vietnam, dan Singapura.

Pastinya banyak pilihan pemain untuk Tim Garuda Muda. Selain Timnas Senior didominasi punggawa muda yang bisa dibawa, di Liga 1 Indonesia juga terdapat banyak talenta muda yang semakin bersinar. Sebut saja Ronaldo Kwateh (Madura United), Marselino Ferdinan (Persebaya), dan Bayu Fikri (Persib Bandung). Ada juga yang bermain di Liga Eropa seperti Witan Sulaeman, Egy Maulana Fikri, dan Bagus Kahfi, termasuk yang sedang proses Naturalisasi.

Mereka semua bisa menjadi andalan Coach STY untuk juara. Dengan trend positif yang sedang berpihak, kolaborasi ciamik Jajaran PSSI, serta dukungan seluruh rakyat Indonesia, tidak ada hal mustahil untuk angkat Trophi lagi di Piala AFF Kambodja 2022.***

Editor: Wiji Johar Santoso

Artikel Terkait

Terkini

X