Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Ecoenzyme sebagai pupuk organik dari limbah rumah tangga Desa Gelanggang

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:56 WIB
Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Ecoenzyme sebagai pupuk organik dari limbah rumah tangga
Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Ecoenzyme sebagai pupuk organik dari limbah rumah tangga

LOMBOK INSIDER- Program ini digagas oleh Mahasiswa KKN Universitas Mataram periode 2022/2023 di Desa Gelanggang Kecamatan Sakra Timur, Kabupaten Lombok Timur.

Pada hari minggu 8 Januari 2023, Program Sosialisasi dan Pelatihan Pembuatan EcoEnzyme sebagai pupuk organik dan program pelayanan kesehatan gratis. 

Proses pelayanan cek kesehatan gratis

Program yang dijalankan mahasiswa KKN Universitas Mataram ini di peruntukan untuk masyarakat desa Gelanggang yang dimana 100% warga setempat berprofesi sebagai petani.

Dengan adanya program dari mahasiswa KKN dalam sosialisasi dan pelatihan pembuatan EcoEnzyme sebagai pupuk oraganik cair bekerjama dengan EEN (EcoEnzyme Nusantara NTB) dan BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) EcoEnzyme menjadi sebuah produk dan berharap bisa membantu dalam kurang ketersediaannya pupuk bahan kimia.

Baca Juga: Sosialisasi preneur stick turi dan abon rawit oleh mahasiswa KKN- T Universitas Mataram di Desa Lepak Timur

EcoEnzyme merupakan hasil fermentasi limbah rumah tangga seperti sisa sayuran, kulit buah-buahan yang lunak dengan campuran air dan gula merah atau maulase. Yang di fermantasikan selama minimal 3 bulan. 

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Ecoenzyme sebagai pupuk organik dari limbah rumah tangga di Desa Gelanggang

EcoEnzyme merupakan larutan/cairan multifungsi yang dihasilkan melalui proses fermentasi campuran sisa sampah rumah tangga (organik) seperti seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Halaman:

Editor: Gama Apriliani LI

Sumber: KKN-T Universitas Mataram Desa Gelanggang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X