Ikut semarakkan event WSBK Mandalika, museum NTB gelar pameran temporer

- Rabu, 2 November 2022 | 21:20 WIB
Ikut semarakkan event WSBK Mandalika, museum NTB gelar pameran temporer (ntbprov.go.id)
Ikut semarakkan event WSBK Mandalika, museum NTB gelar pameran temporer (ntbprov.go.id)


LOMBOK INSIDER
- Untuk memeriahkan event Internasional World Superbike (WSBK) tahun 2022, Museum Negeri NTB, menggelar pameran temporer yang menghadirkan perkembangan berbagai alat dan teknologi yang digunakan oleh manusia dari masa kemasa.

Tema yang diusung kali ini adalah Teknologi Sebagai Sumber Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan.

Kepala Museum NTB Ahmad Nuralam, SH., MH., menjelaskan penyelenggaraan pameran tersebut, berlangsung dari tanggal 9 - 15 November 2022, di Aula Museum Negeri Nusa Tenggara Barat.

Baca Juga: Menjelang world superbike 2022, berikut sederet event di Pertamina Mandalika international street circuit 

"Pameran ini merupakan alternatif bagi tamu yang akan meyaksikan WSBK yang dihelat pada tanggal 11-13 November,  dan wisatawan yang berkunjung ke NTB.  Tidak hanya itu, pameran tersebut menjadi ajang promosi kebudayaan dan sejarah di NTB. Termasuk memperkenal tiga suku besar yang mendiami dua pulau besar di NTB" jelas Bang Alam, sapaan akrab kepala Museum, Senin 1 November 2022 di Museum NTB. 

Ditambahkannya bahwa sejalan dengan program unggulan industrialisasi Pemprov. NTB yang dinakhodai oleh Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, pada pamerah tersebut akan menampilkan alat dan teknologi hasil karya dari BRIDA NTB dan SMK se NTB 

"Jadi pameran ini menampilkan evolusi peralatan teknologi dari jaman penferak mekanikal sampai jaman penggerak lustrik. Seperti donar yang digerakan kuda,  dokar listrik, sepeda yang dikayuh hingga sepeda listrik,"jelas calon doktor tersebut. 

Baca Juga: Menuju WSBK Mandalika 2022 di Lombok, beginilah track sirkuit Mandalika: Ternyata masih..  

Untuk itu, dalam pameran tersebut, dibagi menjadi sub Tema I, tentang Teknologi Peralatan Rumah Tangga, yang merupakan teknologi yang digunakan untuk membantu kegiatan rumah tangga.

Peralatan, yang ditampilkan berupa hasil teknologi tradisional maupun modern, seperti kapak genggam, kapak corong, parut kelapa, timbangan, jam dinding, tungku air, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Ghea Citra Melani

Sumber: ntbprov.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X