Komandan Lapangan pastikan tidak terjadi unboxing pada logistik MXGP Samota Sumbawa

- Selasa, 21 Juni 2022 | 08:39 WIB
Ir. H. Ridwan Syah, Komandan Lapangan MXGP Samota Sumbawa
Ir. H. Ridwan Syah, Komandan Lapangan MXGP Samota Sumbawa

LOMBOK INSIDER - Komandan Lapangan MXGP Samota Sumbawa pastikan tidak akan terjadi unboxing di kejuaraan internasional MXGP Samota Sumbawa.

"Kita belajar dari pengalaman waktu di motoGP dan di mxgp ada koordinasi yg baik antara panitia dengan pihak bea cukai bahwa logistik hanya akan dibuka di sirkuit tanggal 23 juni yang akan datang," ucap Ir. H. Ridwan Syah Komandan Lapangan MXGP Samota Sumbawa.

Selanjutnya Ridwan Syah mengatakan pihaknya telah mengerahkan petugas yang cukup untuk mengawasi soal logistik yang tiba di Sumbawa. Dan penjagaan sangat diperketat. "Saat ini kontainer logistik sudah disegel dan diamankan di Pelabuhan Badas," ungkapnya.

Masalah unboxing ini memang menjadi sorotan mengingat kejadian heboh pada logistik pembalap ketika event MotoGP Mandalika beberapa waktu yang lalu. Dimana beredar foto petugas yang membuka logistik peserta MotoGP dan asyik berfoto ria.

Tak pelak aksi itu menguncang keprofesionalan Indonesia khususnya tim panitia di Lombok penyelenggara MotoGP. Banyak pemberitaan bermuculan termasuk dari pemilik kendaraan yang marah terkait unboxing motor balap secara ilegal di Sirkuit Mandalika.

Betapa tidak, saat itu panitia penyelenggara Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terlihat membongkat peti kargo motor balap Ducati. Dan situasi ini langsung ditanggapi oleh Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah. Ia pun mengaku menyesalkan adanya unboxing ilegal tersebut, dan disebutkan ada pihak yang bertanggung jawab atas mendekati motor balap Ducati.

Respon Ricky ini menanggapi isu yang beredar sebelumnya dikabarkan bahwa buntu dari insiden ini membuat Direktur Sport Ducati Corse, Paolo Ciabatti marah kepada Indonesia. Bahkan dirinya menyebut bahwa pembongkaran peti kargo motor itu adalah sebuah kemunduran di dunia balap.

Akan tetapi, pihak Ducati membantah rumor tersebut, dan mengatakan bahwa mereka tidak pernah membuat pernyataan resmi terkait dengan unboxing motor balap secara ilegal di Sirkuit Mandalika .

Namun tetap saja masalah unboxing ini sempat mencoreng nama penyelenggara MotoGP dimata dunia karena gencarnya media memberitakan soal hal ini

Belajar dari pengalaman sebelumnya, pihak penyelenggara MXGP Samota Sumbawa melakukan pengamanan ketat soal logistik pembalap ini. "Jangan sampai kejadian yang dahulu terulang kembali," harap Ridwan Syah.***

Editor: Siti Aeny Maryam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

4 Tahun kepemimpinan Zul Rohmi mewujudkan NTB Gemilang

Minggu, 18 September 2022 | 19:18 WIB

Permasalahan aset masyarakat Gili Trawangan tuntas

Sabtu, 17 September 2022 | 09:41 WIB
X