• Sabtu, 25 Juni 2022

PDIP NTB ubah mindset memakmurkan Masjid dengan menanam pohon buah produktif

- Kamis, 12 Mei 2022 | 08:27 WIB
Acara penanaman pohon buah produktif di halaman Masjid Al Ikhlas, Dusun Gampung, Desa Kawo, Kecamatan Pujut, kemarin (11/5) dipimpin langsung Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H Rachmat Hidayat.
Acara penanaman pohon buah produktif di halaman Masjid Al Ikhlas, Dusun Gampung, Desa Kawo, Kecamatan Pujut, kemarin (11/5) dipimpin langsung Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H Rachmat Hidayat.

LOMBOK INSIDER - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan NTB memelopori gerakan mengubah mindset masyarakat Bumi Gora dalam ikhtiar memakmurkan masjid. Menyeimbangkan hubungan dengan Sang Khalik, Hablum Minallah dan hubungan muamalah dengan sesama, Hablum Minannas.

Gerakan memakmurkan masjid tersebut dimulai PDIP NTB dari Lombok Tengah, dengan penanaman pohon buah produktif di halaman Masjid Al Ikhlas, Dusun Gampung, Desa Kawo, Kecamatan Pujut, kemarin (11/5) dipimpin langsung Ketua DPD PDI Perjuangan NTB H Rachmat Hidayat, penanaman pohon buah produktif tersebut selanjutnya akan meluas dengan menyasar masjid di seluruh NTB.

Baca Juga: Banjir kecaman, Deddy Corbuzier minta maaf, take down Podcast bersama pasangan LGBT Ragil dan Fred

“Kami ingin menggugah masyarakat untuk mengubah mindset tentang konsep memakmurkan masjid. Selain mentradisikan umat memperbanyak shaf salat di masjid, kami juga mengajak umat menjadikan lingkungan masjid menjadi indah, sejuk, dan produktif,” kata Rachmat.

Anggota Komisi VIII DPR RI ini mengemukakan, gerakan menanam pohon buah produktif di halaman masjid tersebut sebagai sebuah ikhtiar untuk tetap menyeimbangkan hubungan manusia dengan Sang Pencipta atau Hablum Minallah, dan hubungan manusia dengan sesamanya atau Hablum Minannas.

Baca Juga: Jalin asmara dengan Gading Marten, Eve Suz: Jodoh yang atur Tuhan

Memakmurkan masjid dalam konteks Hablum Minannas yaitu bagaimana menjaga masjid menjadi tempat yang indah, sejuk, dan produktif di tengah penurunan kualitas lingkungan hidup. Dalam hal ini, menanam pohon buah produktif di pekarangan masjid kata Rachmat, adalah cara terbaik.

“Manakala masjid menjadi indah dan sejuk, akan memikat masyarakat untuk lebih sering mengunjungi masjid dan memperbanyak shaf salat berjamaah. Dengan begitu, Hablum Minallah kita tetap terjaga,” imbuh tokoh kharismatik Bumi Gora ini.

Baca Juga: Kurs rupiah diramalkan akan bergerak melemah hari ini

Momentum dimulainya “tradisi baru” memakmurkan masjid yang diinisiasi PDIP di Bumi Gora ini, bersamaan dengan perayaan Bulan Bakti Bung Karno bulan Juni 2022 yang menandai lahirnya Pancasila, yang merupakan falsafah dan juga Dasar Negara.

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

PLN siap listriki MXGP Samota Sumbawa 2022

Kamis, 23 Juni 2022 | 17:06 WIB
X