• Selasa, 7 Desember 2021

Pemda Sumbawa Terima Bantuan Luar Negeri Senilai Rp26 Miliar untuk Membantu Petani Bawang Merah

- Minggu, 21 November 2021 | 21:18 WIB
Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa Ni Wayan Rusmawati ketika diwawancarai media ini. (Foto: Dhi/Herman)
Kadis Pertanian Kabupaten Sumbawa Ni Wayan Rusmawati ketika diwawancarai media ini. (Foto: Dhi/Herman)

Sumbawa, LombokInsider.com - Tahun Ini merupakan tahun keemasan bagi Pemerintahan pasangan Drs. H Mahmud Abdullah - Dewi Noviany yang memiliki tagline "Sumbawa Gemilang yang Berkeadaban". Pasalnya pada tahun ini, petani bawang merah di Kabupaten Sumbawa mendapat dukungan dana senilai Rp26 miliar lebih dari bantuan luar negeri. 

Kepala Dinas Pertanian Sumbawa Ni Waya Rusmiwati belum lama ini kepada wartawan LombokInsider.com mengatakan bahwa Pemda Sumbawa mendapat alokasi dana senilai Rp26 miliar lebih dari luar negeri. Anggaran tersebut diperuntukan untuk menunjang kegiatan petani bawang merah yang ada di Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga: Sabar! Bantuan Benih dari Pemerintah Pusat Tidak Ada Tahun Ini

"Bantuan tersebut digunakan oleh petani bawang, membuat sumur dangkal, sumur dalam, pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT), pembelian mesin, perpiaan, pengeboran serta untuk pembelian mesin lainnya," ungkapnya.

"Itu semua dikerjakan secara swadaya. Misalnya, dalam hal pembangunan sumur dangkal kita kasih anggarannya Rp16 juta. Dan dari Rp16 juta tersebut 20 persen merupakan swadaya kelompok. Intinya semuanya dikerjakan oleh kelompok. Dan proses pencairannya melalui kelompok," tukasnya.

Selain itu, Wayan menjelaskan, dana tersebut nantinya akan dialokasikan juga untuk membuat bangunan tempat penyimpanan alat atau bawang ketika sudah panen. (Herman)

 

 

 

 

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Banjir di Lombok, Tebing di Selong Belanak Longsor

Selasa, 7 Desember 2021 | 13:14 WIB
X