• Sabtu, 16 Oktober 2021

Surahman, MD Respon Baik Ketua DPRD Sumbawa

- Sabtu, 25 September 2021 | 09:52 WIB
Surahman, MD, SH, MH Kuasa Hukum DPW Partai Berkarya NTB (Foto: Herman/Tim)
Surahman, MD, SH, MH Kuasa Hukum DPW Partai Berkarya NTB (Foto: Herman/Tim)

Sumbawa, LombokInsider.com - Pengacara kondang Kabupaten Sumbawa Surahman, MD, SH, MH merespon baik Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq. Hal tersebut terkait dengan Gonjang-ganjing Partai Berkarya DPD Kabupaten Sumbawa yang masih menyisakan persoalan saat ini, bahkan hal tersebut  berbuntut panjang hingga daerah. Khususnya, Partai Berkarya Kabupaten Sumbawa versi kubu Muchdi Purwopranjono akan melakukan usulan Pemberhentian Antar Waktu (PAW) terhadap Anggota DPRD Sumbawa dari Partai Berkarya (HS, red.) semakin berbuntut panjang.

Kuasa Hukum DPW Partai Berkarya NTB, Surahman MD, SH,MH, mengapresiasi respon cepat Ketua DPRD Sumbawa Abdul Rafiq dalam menanggapi surat usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) oknum anggota DPRD Sumbawa yang ditujukan ke lembaga legislatif tersebut belum lama ini.

“Alhamdulilah surat usulan PAW anggota DPRD Sumbawa saudara Hasanuddin, SE yang kami layangkan belum lama ini sudah mendapat respon dari Ketua Dewan. Kami sangat mengapresiasi respon cepat pak Ketua Dewan,” ungkap Man sapaan akrabnya kepada awak media saat Jumpa Pers di Kantornya, Advokat SS & Partners di Jalan Bungur No.19 Sumbawa, Jumat petang (24/9).

Menurutnya, Surat Ketua DPRD Sumbawa Nomor 179/117/DPRD/IX/2021 tentang Persyaratan PAW itu  sangat tepat dan sesuai dengan amanat perundang undangan yang berlaku, yakni Peraturan Pemerintah No 12 tahun 2018 Tentang Partai Politik sebagaimana telah diturunkan menjadi sebuah Tata Tertib Dewan, yakni merujuk pada pasal 113.

“Dimana dalam pasal tersebut disebutkan ada beberapa hal tentang persyaratan bagi anggota DPRD baik dalam rangka untuk pencalonan atau pengganti untuk melengkapi sejumlah dokumen penting. Disitu disebutkan ada 6 item penting dari Ketua DPRD. Surat Ketua Dewan tersebut sangat bijak dan positif karena benar benar mengacu pada aturan hukum yang ada, meski sedikit terlambat karena Dewan ada dua versi kepengurusan Partai Berkarya dari pusat hingga kabupaten/kota yakni kubu Hutomo Mandala Putra (HMP) dan kubu Muchdi PR. Setelah kita telusuri secara intens ke DPW ternyata yang bersangkutan sudah terlebih dahulu diberhentikan atau dicabut kartu anggotanya dari kubu HMP,” tandas Man. 

Lanjut Man, oknum anggota DPRD Sumbawa telah diberhentikan baik sebagai kader maupun anggota Partai Berkarya berdasarkan Surat Keputusan Nomor : 45/DPW Partai Berkarya/VII/2021 tertanggal 7 Juli 2021 yang ditandatangani oleh Ketua DPW Partai Berkarya NTB versi Hutomo Mandala Putra yakni H. Darmawan. 

Selain itu, Ketua DPW Partai Berkarya NTB versi Muchdi PR, yakni Agus Karmawan SH,  juga telah menerbitkan surat pemberhentian terhadap oknum anggota DPRD Sumbawa tersebut dan diusulkan untuk di PAW sesuai surat DPW Partai Berkarya NTB, Nomor SK-PAW.012/DPW/Partai Berkarya/ NTB/IX/2021 tertanggal 2 September 2021 lalu. 

Sebelum diberhentikan oleh DPW  Partai Berkarya NTB, ternyata oknum anggota Dewan tersebut sudah diberhentikan oleh DPW Partai Berkarya versi HMP  tanggal 7 Juli 2021 lalu. Begitu juga oleh kubu DPW  Partai Berkarya NTB bersi Muchdi PR yang bersangkutan juga sudah diberhentikan.

“Dia sudah diberhentikan sebagai kader dan anggota Partai Berkarya baik dari Kubu HMP maupun Muchdi PR, sehingga yang bersangkutan saat ini berdiri tanpa ada payung hukum yang jelas maupun partai pengusung lagi. Pernyataan oknum anggota Dewan tersebut seperti dilansir di salah satu media yang mengatakan bahwa dia berada di kubu HMP, pernyataan tersebut merupakan bentuk pembodohan public,” terangnya.

Apalagi, Tambah Man dia telah menggunakan SK pengurus versi Plt ke DPRD, KPU dan Kesbangpoldagri Sumbawa, maka hal itu sudah masuk ke ranah hukum pidana. 

Halaman:

Editor: Usman Jayadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Diduga Mabuk, WNA Pengendara Honda Jazz Tabrak Pohon

Kamis, 14 Oktober 2021 | 04:53 WIB

Peringati HDKD, Lapas Sumbawa Gelar Pertandingan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 19:44 WIB

Terangi 4 Dusun di Pulau Sumbawa, PLN Anggarkan 10,5 M

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:02 WIB

Darma Wanita Persatuan Kemenag NTB Menyapa Madrasah

Minggu, 10 Oktober 2021 | 07:05 WIB
X