Viral tenaga kerja perempuan tuntut haknya, Kemnaker beri respon begini....

- Jumat, 3 Februari 2023 | 19:47 WIB
Kemnaker memberi respon cepat terkait berita viral tenaga kerja perempuan menuntut haknya atas uang lembur. (Instagram @kemnaker)
Kemnaker memberi respon cepat terkait berita viral tenaga kerja perempuan menuntut haknya atas uang lembur. (Instagram @kemnaker)

LOMBOK INSIDER – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) merespon cepat berita viral tenaga kerja perempuan yang menuntut haknya karena sudah bekerja lembur namun tidak dibayar.

Melalui media sosial Instagram @undercover.id yang viral, Kemnaker mengetahui tenaga kerja perempuan yang menuntut haknya tersebut berasal dari PT Sai Apparel Industries yang berlokasi di Desa Harjowinangun, Godong, Grobogan, Jawa Tengah.

Melalui akun resmi Instagram @Kemnaker yang dilansir Lombok Insider pada Jumat, 3 Februari 2023 menyatakan prihatin dengan berita viral tenaga kerja perempuan itu.

Baca Juga: Beruntung sekali, haters sudah ditangkap Polda Metro Jaya, dimaafkan Rizky Billar dan Lesti Kejora

Kemnaker berjanji akan segera menurunkan tim untuk mencari tahu lebih dalam terkait kasus tersebut.

“Merespon pemberitaan keluhan karyawan kerja lembur tetapi mengaku tidak dibayar, Kemnaker merasa prihatin, kok masih terjadi hal seperti ini,” ujar Dirjen Kemnaker , Haiyani Rumondang melalui Siaran Pers Biro Humas. 

Atas pemberitaan tersebut menurtu Haiyani, pihaknya pada Kamis, 2 Februari 2023 pagi, langsung melakukan koordinasi dengan Disnaker dengan provinsi Jawa Tengah.

Baca Juga: Ibunda Ferry Irawan datangi rumah Venna Melinda pasca KDRT, Hotman Paris: Itu cuma pencitraan saja  

Koordinasi tersebut dimaksudkan agarsupaya ada pengawas yang diturunkan langsung ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan langsung ke perusahaan yang diduga sudah mengabaikan hak karyawannya.

“Jika terbukti benar maka harus dipastikan haknya kerja lembur dibayar penuh oleh perusahaan sesuai ketentuan selain terhadap pelanggaran yang dilakukan pengusaha harus diproses hukum secara tegas,” jelas Haiyani. 

Pada saat bersamaan, Haiyani menegaskan pagi ini, Jumat, 3 Februari 2023 Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Tengah sedang mengumpulkan turun ke perusahaan guna mengumpulkan keterangan.

Baca Juga: Waduh, klub Raffi Ahmad Rans Nusantara FC U 20 belum bayar catering? Hingga disomasi oleh pengusaha ini

“Sedangkan untuk tindakan hukum terhadap pengusaha sesuai ketentuan. Disnaker Jawa Tengah dan Disnaker Grobogan berkolaborasi untuk menangani kasus tersebut,” tegas Haiyani. 

Sebelumnya viral video aksi protes seorang pekerja wanita yang menuntut hak uang lemburnya di media sosial.

Halaman:

Editor: Agus Apriyanto LI

Sumber: Instagram @kemnaker, Instagram @undercover.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X