Gempa 6,1 SR mengguncang Garut, Cek faktanya di sini!

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:30 WIB
Ilustrasi gempa bumi.  (Pinterest)
Ilustrasi gempa bumi. (Pinterest)


LOMBOK INSIDER - Gempa tektonik dengan skala Magnitudo 6,1 mengguncang wilayah Selatan Garut, Jawa Barat. Gempa terjadi sekitar pukul 16.49 WIB pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Pusat gempa berada di darat wilayah Mekarmurti Garut, Jawa Barat dengan kedalaman sekitar 109 KM.

Dalam postingan Twitter @InfoHumasBMKG disebutkan bahwa gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengahkarna adanya aktivitas didalam lempeng Indo-Australia.

Baca Juga: 5 Artis ini dulu kaya raya punya rumah bak istana dan mobil banyak, kini hidup susah gara-gara ulahnya sendiri

Menurut laporan BMKG, gempa ini dirasakan diberbagai wilayah dengan skala intensitas yang berbeda-beda. Daerah Garut dengan skala intensitas IV MMI sehingga dapat dirasakan oleh banyak orang dalam rumah.

Daerah Soreang, Kopo, Kalapanunggal, Sumur, Ciamis, dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas III MMI sehingga terasa seperti truk yang berlalu.

Wilayah Sumedang, Lembang, Pamoyanan, Panimbang, Cikeusik, Labuan, Purworejo, Bantul, dan Kulonprogo dengan skala intensitas II-III MMI,  getarannya dapat dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda yang bergantung bergoyang.

Baca Juga: Dulu bergelimang harta, 5 artis ini kini hidup susah gara-gara kecerobohannya sendiri: no 2 jadi peternak

Cikembar, Cugenang, Palbuhan Ratu, Bandung, Bogor, Cilacap, Sawarna, Cireunghas, Bojong, Yogyakarta, Wonosobo, Karangkates, dan Trenggalek dwngan skala intensitas II MMI, getarannya dapat dirasakan oleh beberapa orang dan membuat benda-benda yang bergantung bergoyang.

BMKG melaporkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami. Dilaporkan bahwa gempa susulan terjadi pada 17.59 dengan skala 2,9 SR di kedalaman 107 KM disekitar 61 KM Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Baca Juga: Baru dirilis, single “Menyambut Bahagia” Nikita Mawarni The Voice Kids Season 4 masuk nominasi AMI AWARDS

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dan tidak mudah terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan.***

Editor: Junita Sianturi

Sumber: Twitter InfoHumas BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X