Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil larang warga lakukan wisata bencana: kalau mau wisata ke Taman Safari

- Kamis, 1 Desember 2022 | 09:56 WIB
Gubernur Jawa Barat melarang masyarakat datang ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur hanya untuk sekadar melihat-lihat. (instagram @ridwan kamil)
Gubernur Jawa Barat melarang masyarakat datang ke lokasi bencana gempa bumi Cianjur hanya untuk sekadar melihat-lihat. (instagram @ridwan kamil)

LOMBOK INSIDER - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, melarang warga untuk melakukan wisata bencana atau mendatangi lokasi bencana hanya untuk sekedar melihat saja.

Larangan ini disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, lantaran dirinya melihat banyak warga yang mengunjungi lokasi bencana gempa bumi Cianjur hanya untuk sekadar melihat saja.

Gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur berkekuatan magnitude (M) 5,6 pada hari Senin, 21 November 2022, telah menyebabkan sekitar 300 warga meninggal dunia dan ribuan orang luka-luka dan puluhan ribu jiwa mengungsi serta kerusakan pada bangunan rumah, gedung dan lainnya.

Baca Juga: Dude Harlino dan Alyssa Soebandono bongkar rahasia jadi salah satu family goals: Kita berantem tuh

"Jangan lakukan wisata bencana atau ingin lihat-lihat. Bantuannya 1 mobil, tapi yang mengantar di belakang bisa sampai 6-8 mobil," ujarnya dalam akun Instagram @ridwankamil, Kamis, 1 Desember 2022.

Banyaknya warga yang hendak mendatangi dan melihat lokasi bencana menjadi salah satu kendala dalam penyaluran bantuan kepada korban gempa bumi tersebut.

"Inilah salah satu yang membuat jalanan desa di zona bencana yang sempit rata-rata 4-6 meter menjadi macet total setiap pagi sampai sore. Belum pada parkir di pinggir jalan yang memang sudah sempit," jelasnya.

Baca Juga: Pantas langsung tancap gas nikahi wanita muda, anak Rina Gunawan ungkap alasan Teddy Syah buru-buru menikah

Hal ini juga yang menyebabkan evakuasi korban dan distribusi kepada para pengungsi menjadi sering terkendala dan sangat lama.

Halaman:

Editor: Glenaldi Hutahaean SP

Sumber: Instagram @Ridwan Kamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X