Presiden Jokowi datang ke Malang untuk Menengok Langsung TKP Tragedi Kanjuruhan Berdarah

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:09 WIB
Presiden Jokowi datang ke stadion Kanjuruhan secara langsung untuk melihat keadaan lapangan  (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden )
Presiden Jokowi datang ke stadion Kanjuruhan secara langsung untuk melihat keadaan lapangan (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden )

LOMBOK INSIDER - Sepakbola Indonesia sedang berduka atas tragedi berdarah di stadion Kanjuruhan Malang pada 1 Oktober yang lalu. Korban jiwa pun mencapai seratus lebih orang yang meninggal dunia.

Pertandingan antara Arema FC melawan Persebaya itu menjadi tragedi yang mengerikan. Bukan hanya orang dewasa, anak-anak pun banyak yang menjadi korban.

Dilansir dari kanal YouTube Sekretariat Presiden (5/10/2022), pak Jokowi selaku Presiden RI memberikan keterangan Pers setelah meninjau stadion Kanjuruhan pada 5 Oktober.

"Sore ini saya datang ke stadion Kanjuruhan di kabupaten Malang, untuk mendapatkan gambaran lapangan tentang peristiwa 1 Oktober malam disini, yang kedua kita tahu telah dibentuk tim independen pencari fakta yang diketuai oleh pak Menkopolhukam yang nantinya tim ini segera menyelesaikan tugasnya," ungkap Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga sudah memerintahkan kepada menteri PU untuk melakukan audit bangunan terhadap seluruh bangunan yakni stadion tersebut dan semua stadion yang digunakan untuk Liga 1, 2 maupun 3. 

Selain itu presiden Jokowi juga mengungkapkan setelah melihat stadion Kanjuruhan, problemnya yaitu pada pintu stadion yang terkunci. Serta tangga yang terlalu tajam ditambah kepanikan yang ada.

Presiden Jokowi tiba di Malang (5/10) sore hari, menengok stadion Kanjuruhan dan korban yang berada di Rumah Sakit (Tangkapan layar Instagram @jokowi)

Nantinya detail akan diungkapkan oleh tim gabungan Independen pencari fakta. Waktu yang diberikan untuk investigasi pun sebulan begitu juga untuk audit bangunan, namun diharapkan bisa kurang dari sebulan.

Presiden FIFA sudah dihubungi presiden Jokowi dan juga siap membantu memperbaiki manajemen yang ada. Menurut Presiden Jokowi juga diperlukan evaluasi total semuanya, baik manajemen penonton, stadion ataupun waktu dan juga pengamanan. Agar peristiwa yang ada di Kanjuruhan tidak terulang kembali.

Halaman:

Editor: Widya Salindri

Sumber: YouTube Sekretariat Presiden

Tags

Terkini

Gempa 6,1 SR mengguncang Garut, Cek faktanya di sini!

Sabtu, 3 Desember 2022 | 19:30 WIB
X