Buntut tragedi Kanjuruhan, 9 Komandan Brimob ini dicopot Kapolda Jawa Timur

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 07:52 WIB
Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. ( youtube @kompas tv)
Kerusuhan yang terjadi di Stadion Kanjuruhan Malang. ( youtube @kompas tv)


LOMBOK INSIDER –Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo memerintahkan Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta untuk menonaktifkan jabatan Komandan Batalyon (Danyon) Komandan Kompi, dan Komandan Peleton Brimob Polda Jawa Timur, total sebanyak 9 orang.

Adapun 9 komandan yang dicopot tersebut, yakni Danyon atas nama AKBP Agus Waluyo, Danki atas nama AKP Hasdarman, Danton Aiptu Solikin, Aiptu M Samsul, Aiptu Ari Dwiyanto.

Kemudian, Danki atas nama AKP Untung, Danton atas nama AKP Danang, Danton AKP Nanang, dan Danton Aiptu Budi.

Baca Juga: Duka Lesti Kejora menjadi istri Rizky Billar, dipaksa hidup glamor padahal hati nurani memberontak

"Semuanya masih dalam proses pemeriksaan oleh Timsus Polri malam hari ini," ucap Dedi dikutip pada kanal youtube @kompas tv, Senin, 3 Oktober 2022.

Hal tersebut dilakukan karena tragedi yang terjadi di Stadion Malang Kanjuruhan, yang menewaskan sedikitnya 125 korban jiwa, pada Sabtu, 1 Oktober 2022.

Keputusan tersebut diambil oleh Kapolri, Jendral Listyo Sigit Prabowo melalui Surat Telegram nomor ST/2098/10/KEP/2022 yang dikeluarkan Senin (3/10/2022) malam, yang disampaikan langsung oleh Div Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam konferensi pers di Mapolres Malang, Senin (3/10/2022).

Baca Juga: Ternyata ini pria berkacamata dan berkumis tipis yang dikabarkan menikah dengan Desy Ratnasari, cek profilnya!

Tidak hanya itu, buntut dari tragedi tersebut pun, melalui surat telegram tersebut Kaporli mencopot Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat dari jabatannya.

“Malam ini juga pak Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengambil keputusan, memutuskan bersdasarkan surat telegram nomor ST/2098/10/KEP/2022 yang dikeluarkan Senin (3/10/2022), menonaktifkan, sekaligus mengganti Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat," jelas Irjen Dedi.

AKBP Ferli Hidayat, lanjut Irjen Dedi, dimutasikan sebagai Pamen SSDM Polri, dan digantikan oleh AKBP Putu Kholis Aryana yang sebelumya menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Tanjung Priok Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Detik-detik gelagat tak biasa Lesti Kejora dimomen terakhirnya bersama Rizky Billar, isyaratkan hal ini

Lebih lanjut, kata dia, sesuai perintah dari Presiden, Kaporli memerintahkan tim untuk bekerja secara cepat, namun unsur ketelitian, kehati-hatian dan pembuktian secara ilmiah juga menjadi standar timsus ini bekerja.

"Tim hari ini melakukan pemeriksaan terkait penerapan pasal 359 dan 360 KUHP dengan melakukan pemeriksaan 20 orang saksi. Dari hasil pemeriksaan tersebut tim, melakukan gelar perkara, dan hasilnya meningkatkan status dari penyelidikan, sekarang statusnya sudah menjadi penyidikan,” jelasnya.

Baca Juga: Arie Untung umbar foto Fenita Arie selingkuh sambil bersanding dengan cowok lain

"Dari hasil pemeriksaan, Irwasum Polri, dan Biro Paminal melakukan pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik anggota Polri sebanyak 28 personel polri. Ini pun masih dalam proses pemeriksaan," sebutnya. ***



Editor: Junita Sianturi

Sumber: Youtube @Kompas TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X