Video viral jenazah yang tak diantar warga dan keluarga di Kediri ternyata hoaks, begini kenyataannya..

- Jumat, 23 September 2022 | 19:58 WIB
Video viral jenazah yang tak diantar warga di Kediri Jawa Timur (tangkapan layar Youtube Official iNews)
Video viral jenazah yang tak diantar warga di Kediri Jawa Timur (tangkapan layar Youtube Official iNews)

LOMBOK INSIDER - Pihak kepolisian sedang memburu pelaku penyebar video viral jenazah yang tak diantar warga di Desa Kedak, Kecamatan Semen, Kediri.

Hal ini dilakukan lantaran narasi yang ditulis pada video tersebut tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya terjadi.

Dalam video yang viral itu, dituliskan jika peristiwa pemakaman itu mirip kisah di sinetron karena tak ada warga yang mau mengantarkan jenazah, sehingga perangkat desa saja yang mengantarkan hingga ke pusara.

Dilansir dari Official iNews pada Jumat, 23 September 2022. Sunarti selaku Kepala Desa Kedak menjelaskan kejadian sebenarnya pada saat itu.

Sunarti menyebutkan, Partono (70) mempunyai kondisi keterbelakangan mental. Partono tinggal bersama dua orang keluarganya yang juga mengalami kondisi serupa.

Sunarti juga menjelaskan jika warganya tersebut meninggal bukan karena mengidap penyakit yang serius. Ia hanya mengeluhkan badannya terasa panas dingin karena usianya juga sudah renta.

“Pak Partono niku sehari-hari tidak bekerja, hanya satu yang bekerja dari seluruh anggota keluarga itu dan sakitnya itu sudah agak lama, jadi ya keluhannya sakit biasa panas dingin begitu saja karena sudah tua umur 70 tahun. Keluarganya semua, nyuwun sewu, memang ada keterbelakangan mental,” ungkap Sunarti.

Dalam kesehariannya, keluarga ini hidup dari belas kasihan para tetangga. Sunarti menyebut, keluarga Partono juga mendapatkan bantuan dari desa, seperti Dana Desa hingga Bantuan Langsung Tunai.

“Kehidupan sehari-harinya beliau sekeluarga dari belas kasihan tetangga dan ada bantuan dari pemerintah juga,” imbuhnya.

Sunarti menyangkal narasi video yang menyebut tak ada tetangga dan keluarga yang mengantar jenazah Partono. Ia menjelaskan saat itu keluarga dalam rumah awalnya tak mengetahui jika ada keluarganya yang meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Gitta Wahyu Cahyani

Sumber: Youtube @Official iNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Presiden Jokowi: kalau kita punya, jangan impor

Senin, 3 Oktober 2022 | 19:54 WIB
X