Fenomena Bjorka, Komisi I DPR RI: Duga ada keterlibatan orang dalam

- Selasa, 13 September 2022 | 18:04 WIB
Anggota Komisi I Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin, tangkapan layar YouTube DPR RI (Adam LI)
Anggota Komisi I Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin, tangkapan layar YouTube DPR RI (Adam LI)

LOMBOK INSIDER - Dalam kurun waktu satu bulan terakhir masyarakat Indonesia, digemparkan dengan kasus kebocoran data pribadi yang diekspose oleh hacker dengan nick name Bjorka

Bjorka mengekspose 1,3 miliar data pengguna kartu sim di forum online british forum. Pelaku yang sama juga membocorkan data konsumen Indihome sebanyak 26 juta pada tanggal 21 Agustus 2022. Terakhir data pelanggan PLN sebanyak 17 juta yang diperjual belikan di situs online

Dilansir dari chanel You Tube resmi DPR RI Komisi I saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Kementerian Menkomifo. Anggota Dewan dari Fraksi Partai Golkar Nurul Arifin menyebut kebocoran data pribadi sebanyak tiga kali dalam waktu berdekatan dengan angka cukup besar, merupakan mega kasus yang sangat memalukan.

Baca Juga: Dihujat netizen karena cium BCL, Ikmal Tobing bela Ray Prasetya

Legislator berlatar belakang aktris tersebut menduga ada keterlibatan pihak-pihak tertentu, di institusi terkait. Sebab kata dia, tidak mungkin data yang terkunci dalam big data dapat dengan mudah diakses oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

"Ini pertanyaannya kok bisa kebobolan terus,? Tidak mungkin kalau tidak orang dalam ini pak," katanya dalam rapat RDP.

Sebetulnya kebocoran SIM dapat dengan mudah di identifikasi oleh penyelenggara sistem elektronik. Nurul juga mempertanyakan sistem elektronik mana yang terdampak akibat kebecoran sim card. Sebab hingga saat ini Komonfo belum juga merilis dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut.

Baca Juga: Teror hacker Bjorka, Pemerintah RI pasang badan

Dalam kunjungan kerja Komisi I DPR RI ke Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Mendapatkan laporan dari hasil investigasi awal BSSN yang sudah berkordinasi dengan SSIRT Kemeterian Kominfo, mengenai struktur data pada insiden kebocoran data SIM card dimna hasil analisisnya hanya sebagian field data yang sesuai dengan data provider yang tersimpan di Kementerian Kominfo.

"Saya minta penejelasan, kalau bapak geleng-geleng kepala, saya minta penjelasan pak, saya ingin penjelasan yang clear" tanya Nurul.

Halaman:

Editor: Moh Saddam Husein

Sumber: Youtube DPR RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X