Kekhawatiran orangtua terhadap pelecehan seksual pada anak, ini cara mencegahnya ...

- Minggu, 7 Agustus 2022 | 15:33 WIB
Ilustrasi. Pemberian Seks Edukasi sejak dini sangat penting, meskipun masih dianggap tabu.  (Tangkapan layar  Youtube @Universitas Muhammadiyah Bandung )
Ilustrasi. Pemberian Seks Edukasi sejak dini sangat penting, meskipun masih dianggap tabu. (Tangkapan layar Youtube @Universitas Muhammadiyah Bandung )

 
Lombok Insider - Anak adalah titipan dari Tuhan sekaligus anugerah yang tidak ternilai harganya. Maka sudah sepatutnya kita menjaga titipan dari Tuhan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Namun adakalanya ketika kita sudah menjaga anak, orang lain bisa dengan seenaknya berbuat yang tidak baik. Seperti kasus pelecehan seksual yang marak terjadi.

Maraknya kasus pelecehan seksual pada anak tentu menjadi kewaspadaan pada orangtua. Karena siapa sih, orangtua yang tidak sayang pada anaknya?

Baca Juga: Bertemu hantu pejuang di penjara Banceuy-Bandung: saya gagal, Presiden saya mati!

Kasus pelecehan pada anak mulai terungkap di beberapa media seperti ‘Pelaku pencabulan anak yang sholat di Masjid berhasil ditangkap’, ‘Pria Colek-colek anak Kecil di mall’. Kasus-kasus  pelecehan ini bisa terjadi dimana saja, kapan saja dan oleh siapa saja.

Biasanya para korban pelecehan seksual adalah anak dibawah umur. KOmisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengungkapkan ada 207 anak yang menjadi korban pelecehan dan kekerasan seksual pada tahun 2021. Tentu saja hal ini menjadi sebuah kecemasan yang luar biasa bagi para orangtua diluar sana.

Baca Juga: Laudya Chintya Bella syok! berat badannya nambah 5 kg

Pelecehan ini mengakibatkan gangguan fisiologis dan psikologis pada anak. Maka dari itu, orangtua memberikan peran penting perlindungan kepada anaknya agar terhindar dari pelecehan seksual.

Cara terdini untuk mencegah pelecehan seksual adalah dengan memberikan Seks Edukasi pada anak.

Pendidikan seks edukasi untuk anak sudah seharusnya dilakukan oleh orangtua, karena akan mempengaruhi kehidupan anak ketika usia remaja. Namun selama ini, pendidikan seks edukasi dianggap tabu dikalangan masyarakat. Padahal baik anak laki-laki maupun perempuan harus mendapatkan itu.

Halaman:

Editor: Junita Sianturi

Sumber: https://youtu.be/Y2vi95FyZGc

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X