Cacar Monyet disinyalir menyebar di wilayah Jateng, Gubernur Ganjar Pranowo berikan tanggapan

- Kamis, 4 Agustus 2022 | 22:54 WIB
Seusai menerima kunjungan Pushydronal, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menanggapi sinyalemen penyebaran monkey pox di wilayahnya  (Screenshot Instagram Ganjar Pranowo)
Seusai menerima kunjungan Pushydronal, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menanggapi sinyalemen penyebaran monkey pox di wilayahnya (Screenshot Instagram Ganjar Pranowo)

LOMBOK INSIDER - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah cacar monyet atau monkey pox sebagai darurat kesehatan global.

WHO menilai respon internasional diperlukan untuk mencegah penyebaran wabah cacar monyet ini menjadi lebih luas.

Lebih dari 16.000 kasus cacar monyet telah dilaporkan di sekitar 70 negara sepanjang tahun ini.

Baca Juga: Cuitan Menko Polhukam Mahfud MD soal kasus Brigadir Joshua Hutabarat langsung disambar warganet

Melansir video humas.jateng yang diunggah Instagram Ganjar Pranowo pada Rabu (03/08) usai menerima Komandan Pusat Hydro-Oseanografi TNI Al (Pushidronal) di kantornya, Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo menanggapi penyebaran cacar monyet yang saat ini sedang menjadi perhatian di wilayahnya.

"Kita masih pantau terus sampai hari ini. Kemarin ada yang bercirikan seperti itu, tapi masih didalami," kata Pak Ganjar dikutip dari jatengprov.go.id.

Baca Juga: Netizen heboh lihat wajah baru Lucinta Luna usai operasi, cantik kayak Barbie!

Menurut Pak Ganjar, pasien suspek cacar monyet tersebut masih dalam pemantauan Dinas Kesehatan Provinsi Jateng. Kondisinya dalam status bergejala, sehingga belum bisa dipastikan positif cacar monyet.

"Kita belum berani menentukan apakah itu monkey pox atau bukan, karena masih dipantau," terang Pak Ganjar.

Sebelumnya juga pernah ditemukan kasus yang serupa dengan gejala mirip monkey pox. Namun setelah dilakukan pemeriksaan intensif, hasilnya dinyatakan negatif.

Halaman:

Editor: Joe Santoso

Sumber: Instagram Ganjar Pranowo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X