Ini makna di balik perlombaan yang rutin digelar tiap 17 Agustus, makan kerupuk melambangkan kesederhanaan

Junita Sianturi
- Kamis, 4 Agustus 2022 | 20:06 WIB
Ilustari perayaan lomba di hari kemerdekaan, 17 Agustus.  (Tangkapan layar channel youtube @Bidhumas Poldajatim)
Ilustari perayaan lomba di hari kemerdekaan, 17 Agustus. (Tangkapan layar channel youtube @Bidhumas Poldajatim)


Lombok Insider - Setiap tanggal 17 Agustus, rakyat Indonesia merayakan hari kemerdekaan. Perayaan hari kemerdekaan itu selain diperingati melalui upacara bendera juga digelar berbagai macan perlombaan.

Di tahun ini, 17 Agustus 2022 jatuh pada hari Rabu. Dimana di pagi hari akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera kemudian dilanjutkan dengan perayaan lomba

Baca Juga: Ibu kost genit bokong brondong ganteng setiap malam jum,at

Tradisi perayaan lomba di hari kemerdekaan 17 Agustus ini menjadi tradisi tahunan yang dilakukan rakyat dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI. Bermacam-macam lomba dilakukan mulai dari perlombaan tradisional hingga modern.

Dari bermacam-macam perayaan lomba yang dilaksanakan, ada beberapa perlombaan yang tidak lepas untuk diperlombakan di hari kemerdekaan 17 Agustus yakni panjat pinang, makan kerupuk dan lomba balap karung.

Baca Juga: Malam pertama Cupi Cupita tidak ada noda bendera Jepang,ternyata dibayar serangan fajar yang bikin auto lemas

Dikutip dari channel youtube Bidhumas Poldajatim yang tayang pada 22 Juli 2022, berikut lomba-lomba yang dilaksanakan ketika menyambut hari kemerdekaan RI, 17 Agustus.  Perlombaan ini yang rutin dilakukan rakyat Indonesia sejak tahun 1950 yang berasal dari inisiatif masyarakat.

Tradisi ini tidak hanya sekedar kemeriahan perlombaan, tetapi juga ada nilai terkandung di setiap permainannya.

Baca Juga: Kenali tipe jin yang masuk ke tubuh remaja melalui perasaan, Gangguan ini jarang disadari orang tua

Inilah lomba-lomba yang dilaksanakan ketika 17 Agusutus berikut maknanya...

Lomba Panjat Pinang.

Salah satu perlombaan yang tidak lepas di setiap perayaan hari kemerdekaan RI, 17 Agustus 2022 adalah lomba panjat pinang. Perlombaan ini dimainkan banyak orang dimana para peserta akan berkerjasama sampai ke puncak mengambil hadiah.

Makna dari lomba panjat pinang ini melambangkan perjuangan mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca Juga: Pengen berwisata ke Bali tapi bokek? Ke Desa Pegajahan yuk!

Lomba Makan Kerupuk

Lomba makan kerupuk juga salah satu lomba tradisional yang selalu diperlombakan di hari kemerdekaan 17 Agustus 2022. Dimana para peserta berlomba-lomba menghabiskan kerupuk yang tergantung dengan posisi tangan di belakang. Lomba makan kerupuk ini melambangkan kesederhanaan.

Halaman:

Editor: Junita Sianturi

Sumber: youtube.com/watch?v=JMTY_5SenKU

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X