Detik-detik Ridwan Kamil membuka kantong jenazah Eril, saat meng'azan'kan air matanya tumpah tak tertahan

- Senin, 11 Juli 2022 | 07:13 WIB
Ridwan Kamil dan Atalia Praratya saat tampil di Mata Najwa
Ridwan Kamil dan Atalia Praratya saat tampil di Mata Najwa

LOMBOK INSIDER - Kenangan tentang anak kesayangan Emmeril Khan Mumtadz alias Eril yang meninggal tragis saat berenang di Sungai Aare Swiss tak mungkin bisa dilupakan begitu saja oleh Ridwan Kamil. Terutama detik-detik ketika dia membuka kantong jenazah Eril ketika sudah ditemukan.

Hal diungkapkan Ridwan Kamil ketika hadir dalam acara Mata Najwa beberapa hari yang lalu. Dengan terbata-bata sambil menahan tangisnya Gubernur Jawa Barat itu bercerita detik-ketika ketika ia membuka kantong jenazah Eril.

Saat itu Ridwan Kamil datang sendiri ke Swiss setelah ada informasi jenazah Eril sudah ditemukan. Dia sengaja tidak mengajak Atalia Praratya supaya tidak syok dan juga supaya ada yang mengurus persiapan pemakaman Eril.

Yang pertama dilakukan Ridwan Kamil sebelum masuk ke kamar jenazah adalah mempersiapkan mentalnya. "Saya siapkan mental saya dulu," ucap Ridwan Kamil.

Persiapan mental yang dimaksud Ridwan Kamil adalah dia harus menyiapkan hati melihat kondisi fisik mayat yang sudah berusia dua minggu ketika membuka kantong jenazah Eril.

"Ya Allah, saya ingin bertemu dengan jenazah anak saya, apapun kondisinya. Lalu saya siapkan hati saya, apapun yang say lihat, karena saya juga pernah di tim bencana, pernah liat gimana kondisi jenazah 3 hari, 5 hari atau 30 hari, jadi sy bayangkan melihat seperti itu," cerita Kang Emil, begitu sapaan akrabnya.

Ketika buka pintu kamar mayat, Kang Emil melihat orang-orang yang ada disitu, yang mengurus jenazah eril tidak ada yang memakai masker. Batin Kang Emil langsung berbisik, oh berarti jenazah eril dalam keadaan baik.

Dia melangkahkan kaki menuju kantong jenazah yang terletak di tengah-tengah ruangan. Setelah berada di samping kantong jenazah Eril, Ridwan Kamil menarik nafas dalam-dalam, kembali mempesiapkan mentalnya untuk melihat kondisi mayat Eril.

Pelan-pelan dia membuka resleting kantong jenazah dari atas ke arah bawah, lalu mulai memeriksa satu persatu bagian tubuh Eril.

"Saya mulai periksa dari jari-jari kakinya, oh utuh, lalu ke atas lutut, masih bagus, lalu saya periksa seluruh badan tidak ada yang rusak sedikit pun, sampai lah pada bagian wajah, telihat wajah eril menoleh ke kanan. Dan anehnya mulut eril tidak menganga, melainkan tertutup rapat," ungkap Kang Emil.

Halaman:

Editor: Siti Aeny Maryam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X