Belajar dari moto hidup Eril, "your greatest enemy is yourself"

- Jumat, 24 Juni 2022 | 22:43 WIB
Moto hidup Eril : Belajar dari kiat hidup Eril, "musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri" (IG @ridwankamil)
Moto hidup Eril : Belajar dari kiat hidup Eril, "musuh terbesarmu adalah dirimu sendiri" (IG @ridwankamil)

LOMBOK INSIDER - Bukan perkara mudah bagi setiap orang tua dalam mendidik anak supaya menjadi pribadi yang baik, tangguh dan sukses. Demikian pula dengan Ridwan Kamil. Dia sangat ingin anak-anaknya bisa sukses namun memiliki jiwa yang tetap rendah hati dan berguna bagi orang lain.

Itu sebabnya dia begitu keras dan disiplin dalam membangun jiwa anak-anaknya. Dia sangat ingin anak-anaknya tumbuh dengan mental yang baik.

Ada dua nasehat yang kerap kali suami Atalia Praratya ini tegaskan kepada anak-anaknya. Seperti yang dia ungkapkan dalan tayangan Intragramnya beberapa saat yang lalu.

Pertama; your greatest enemy is yourself yang artinya musuhmu adalah dirimu sendiri.

Nasehat pertama ini merupakan nasehat paling sering Ridwan Kamil obrolkan kepada Eril dan Zara " Agar mereka setiap hari mau berjuang melawan sisi-sisi buruk sifat manusia," ungkap ayah Arkana Aidan Misbach ini.

Maksudnya bagaimana kita melawan sifat negatif yang mungkin saja muncul , seperti kesombongan, keserakahan, kemalasan, kepelitan, kesia-siaan, gaya hidup penuh kemudharatan dll.

Ternyata soal kiat ini benar-benar tertanam dalam diri Eril. Buktinya ketika Ridwan Kamil membongkar video-video lawas Eril ketika SMA, dia menemukan satu video dimana Eril membahas soal menjadi sosok yang your greatest enemy is yourself.

"Eh saya baru tau, pas video jaman SMA ini muncul, ternyata Eril pernah menceritakan nasehat tadi, yang ternyata menjadi filosofi utamanya dalam menjalani hidupnya," ungkap Ridwan Kamil, yang juga memasukan video Eril teesebut di instagram.

“Aa mah nulis nasehat ‘your greatest enemy is yourself’ itu besar-besar pap, di buku-bukunya juga di meja belajarnya,” ujar Zara menerangkan.

"Ini juga nasehat buat saya sendiri dan kita semua,bahwa musuh terbesar kita adalah kita sendiri. Sisi buruk kita harus selalu bisa dikalahkan oleh sisi baik kita," jawab Ridwan Kamil.

Halaman:

Editor: Siti Aeny Maryam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X