Menggiurkan! Ternyata segini besaran THR untuk ASN, TNI, dan Polri tahun 2023, simak jadwal pencairannya

- Kamis, 30 Maret 2023 | 12:32 WIB
Jumlah THR ASN, TNI, dan Polri tahun 2023 yang akan dibayarkan mulai H-10 Idul Fitri (Pixabay/iqbalnuril)
Jumlah THR ASN, TNI, dan Polri tahun 2023 yang akan dibayarkan mulai H-10 Idul Fitri (Pixabay/iqbalnuril)

LOMBOK INSIDER - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani telah mengumumkan bahwa pemerintah akan segera membayarkan tunjangan hari raya (THR) kepada para Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk TNI dan Polri.

Menurut Sri Mulyani, pembayaran THR dan Gaji ke-13 para ASN disesuaikan dengan situasi global saat ini, di mana terjadi perlambatan ekonomi global, ketidakstabilan kondisi geopolitik, hingga semakin ketatnya kebijakan moneter dunia yang berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi dan harga komoditas.

Terkait pembayaran THR dan Gaji ke-13 para ASN, kata Sri Mulyani saat ini pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 tahun 2023.

Baca Juga: Niat kurangi kerja entertainment, Jenita Janet ungkap akan buka usaha ini bareng suami: Jago improvisasi

“Pemerintah telah mengeluarkan PP Nomor 15 Tahun 2023. Ini adalah peraturan pemerintah yang mengatur tunjangan hari raya dan Gaji ke-13 sebagai wujud penghargaan dan kontribusi, pengadian para aparatur negara, termasuk TNI, Polri, dan juga pensiunan di dalam melaksanakan tugas, termasuk melayani masyarakat,” kata Sri Mulyani, dikutip Lombok Insider dari kanal YouTube KOMPASTV pada Kamis, 30 Maret 2023.

Pembayaran THR dan Gaji ke-13 kepada para ASN ini diharapkan bisa menjaga pertumbuhan ekonomi nasional dengan meningkatkan daya beli masyarakat di Tanah Air.

Sri Mulyani menuturkan, besaran THR dan Gaji ke-13 yang akan dibayarkan sebesar gaji atau pensiun pokok.

Baca Juga: Kapan THR karyawan swasta cair? Ini jadwal dan ketentuan pencairan THR 2023, siap-siap catat tanggalnya!

Jumlah tersebut ditambah dengan tunjangan yang melekat pada gaji atau pensiun pokok berupa tunjangan keluarga, tunjangan pangan, tunjangan jabatan struktural/fungsional/umum, dan 50% tunjangan kinerja per bulan.

Khusus untuk instansi Pemerintah Daerah, maka diberikan tambahan penghasilan paling banyak 50% dengan memperhatikan kapasistas fiskal daerah dan sesuai peraturan perundang-undangan.

“Yang berbeda dan kita tambahkan pada pembayaran THR dan Gaji ke-13 tahun ini adalah diberikan kepada guru dan dosen yang tidak mendapatkan tunjangan kinerja atau tambahan penghasilan,” ujarnya.

Baca Juga: Kaesang Pangarep diusulkan menjadi Walikota Depok, respon Erina Gudono menjadi sorotan: aku skip deh..

“Mereka akan diberikan 50% tunjangan profesi guru, serta 50% tunjangan profesi dosen,” lanjutnya.

Sri Mulyani menegaskan, THR tahun 2023 akan diberikan kepada seluruh aparatur negara dan pensiunan yang terdiri dari ASN Pusat, prajurit TNI, Polri, dan pejabat negara yang terdiri atas 1,8 juta orang.

Kemudian, 3,7 juta ASN daerah, termasuk 1,1 juta Guru ASND yang menerima tunjangan profesi guru, dan 527,4 ribu guru ASN daerah yang menerima Tamsil.

Halaman:

Editor: Harumbi Prastya

Sumber: KompasTV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X