Peringati HUT TNI 5 Oktober, begini fakta Tentara Nasional Indonesia

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 07:55 WIB
Lambang TNI beserta 3 Matra AD AL dan AU (Militer id)
Lambang TNI beserta 3 Matra AD AL dan AU (Militer id)

LOMBOKINSIDER TNI atau Tentara Nasional Indonesia lahir dalam tujuan untuk mempertahankan negara Indonesia dari ancaman dan gangguan negara lain.

Indonesia miliki pasukan Tentara Nasional Indonesia yang kuat dan mempunyai tiga Matra yaitu Darat, Laut, dan Udara.

Dan pada tanggal 5 Oktober TNI berusia 77 Tahun.

Tentara Nasional Indonesia lahir di tengah perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda yang berambisi untuk menjajah Indonesia kembali melalui kekerasan senjata.

Sejarah berdirinya TNI bermula dari organisasi yang bernama Badan Keamanan Rakyat (BKR).

Pada masa mempertahankan kemerdekaan, ada banyak Badan Keamanan Rakyat independen yang didirikan masyarakat. Organisasi Badan Keamanan Rakyat ini dikembangkan dengan sebutan Tentara Keamanan Rakyat (TKR).

Pemerintah mengambil langkah supaya tidak ada salah paham dan mempersatukannya sebagai Tentara Republik Indonesia (TRI).

Susunan dalam Tentara Republik Indonesia (TRI) pun diubah dan disesuaikan selayaknya militer internasional yang ditetapkan pada 5 OktTentara Keamanan Rakyat yang menjadi TNI ini, berperan menjadi alat negara pada bidang pertahanan.

TNI menjalankan tugas serta fungsinya berdasarkan kebijakan politik negara dan memosisikan kedudukannya sebagai tentara rakyat, revolusi, dan nasional.

Lalu apa saja fungsi dan tugas TNI?

Halaman:

Editor: Ayatul Nissa Rahmadani

Sumber: TNI AD Militer Indonesia, Militer. Id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X