Doa ketika turun hujan dan keutamannya dalam islam

- Senin, 3 Oktober 2022 | 16:25 WIB
Berdoa ketika hujan merupakan salah waktu mustajab terkabulnya doa  (Freepik by Pinterest)
Berdoa ketika hujan merupakan salah waktu mustajab terkabulnya doa (Freepik by Pinterest)

LOMBOK INSIDER – Doa merupakan sebuah harapan, permintaan, dan pujian kepada Allah Swt. Tidak hanya itu, berdoa juga diyakini dapat menghindarkan manusia dari takdir yang buruk. Tapi, tahu gak kalo ada beberapa waktu mustajab segera dikabulkannya doa. Diketahui, salah satu waktu mustajab dalam berdoa yaitu di waktu hujan.

Dikutip dari hadist riwayat Baihaqi terdapat tiga waktu mustajab dalam berdoa, dan salah satunya adalah berdoa ketika turun hujan:

طْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya :

"Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: bertemunya dua pasukan, menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun." (H.R. Baihaqi)

Dalam hal ini, diketahui hujan merupakan sumber rahmat yang diturunkan Allah swt ke bumi bagi manusia. Sehingga, Rasulullah telah mengajarkan alangkah baiknya untuk memanjatkan doa ketika hujan. Hal ini, karena ketika hujan merupakan salah satu waktu mustajab untuk doa terkabul.

Bahkan pesan Rasulullah saw juga telah termaktub dalam Al-Qur’an surah Al – Baqarah ayat 22 yang berbunyi sebagai berikut :

الَّذِيْ جَعَلَ لَكُمُ الْاَرْضَ فِرَاشًا وَّالسَّمَاۤءَ بِنَاۤءً ۖوَّاَنْزَلَ مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَخْرَجَ بِهٖ مِنَ الثَّمَرٰتِ رِزْقًا لَّكُمْ ۚ فَلَا تَجْعَلُوْا لِلّٰهِ اَنْدَادًا وَّاَنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ

Artinya:

Halaman:

Editor: Putri Kusuma Wardani

Sumber: Berbagai sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X