Jangan dicoba! Ini dia bahaya belajar Tasawuf tanpa ilmu syariat

- Jumat, 30 September 2022 | 09:38 WIB
Buya Yahya saat mengisi kajian bersama para jamaahnya (SS YouTube Al-Bahjah TV)
Buya Yahya saat mengisi kajian bersama para jamaahnya (SS YouTube Al-Bahjah TV)

LOMBOK INSIDER - Tasawuf merupakan bagian ilmu dalam Islam yang mempelajari menyucikan jiwa, memperbaiki akhlak serta menyempurnakan lahir dan batin.

Orang-orang yang mendalami ilmu tasawuf disebut juga sebagai sufi.

Baca Juga: Lesti Kejora alami KDRT yang dilakukan Rizky Billar, Buya Yahya: Sekali dipukul suami, istri boleh minta cerai

Gerakan ilmu tasawuf yang identik dengan sikap zuhud (meninggalkan hal duniawi) dengan menjunjung tinggi nilai ukhrowi di atas segalanya.

Namun, dalam perjalanannya seringkali ditemukan orang yang belajar ilmu tasawuf justru tersesat karena tidak memiliki mursyid dan tidak di barengi ilmu syariat.

Buya Yahya menjelaskan, terkait bahayanya belajar tasawuf tanpa dibarengi dengan ilmu syariat. Seperti dilansir LOMBOK INSIDER pada kanal YouTube Al-Bahjah TV pada Jumat, 30 September 2022.

"Makanya bicara tasawuf enggak pake fiqih, bahaya ini. Apalagi nanti menyinggung aqidah bahaya, maka bertasawuf harus berbekal ilmu aqidah yang kuat," terang Buya Yahya dalam kajian salah satu kitab bersama para jama'ahnya.

Buya Yahya menuturkan, belajar ilmu tasawuf harus dibarengi 2 ilmu, yakni ilmu aqidah dan ilmu fiqih yang menjadi bekal agar tidak menjadi sesat dalam melakukan ibadah.

Ia melanjutkan agar berhati-hati dengan perkataan orang biasa atau bahkan ulama yang mengandung syatoh (omongan yang tidak berarti).

Halaman:

Editor: Arafat

Sumber: YouTube Al-Bahjah TV

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X