30 September memperingati hari apa? Inilah penjelasan pengertian PKI, tujuan, penyebab serta dampak G30S PKI

- Jumat, 30 September 2022 | 07:41 WIB
7 patung pahlawan dan burung Garuda (Instagram @harris_worldwarz)
7 patung pahlawan dan burung Garuda (Instagram @harris_worldwarz)

LOMBOK INSIDER - Banyak tragedi yang terjadi di Indonesia. Sebagai generasi mendatang, generasi muda perlu mengetahui apa saja yang terjadi di masa lampau terkait negara ini, termasuk Gerakan 30 September.

Baca Juga: Sukitman, saksi mata peristiwa G30S PKI Lubang Buaya yang mengerikan berhasil selamat!

Dilansir Lombok Insider dari akun YouTube Delta buana, Jumat 30 September 2022 disebutkan, dalam dokumen pemerintah tertulis Gerakan 30 September/PKI, sering disingkat G30S/PKI, Gestapu (Gerakan September Tiga Puluh), atau juga Gestok (Gerakan Satu Oktober) adalah sebuah peristiwa yang terjadi selewat malam pada 30 September sampai awal bulan selanjutnya (1 Oktober) 1965.

Persitiwa ini terjadi ketika tujuh perwira tinggi militer Indonesia beserta beberapa orang yang lain dibunuh dalam suatu usaha kudeta (yang hampir sekaligus).

Sejarah singkat G30S/PKI atau G30S merupakan gerakan yang bertujuan untuk menggulingkan pemerintahan dari Presiden Soekarno dan mengubah Indonesia menjadi negara komunis. Gerakan ini dipimpin DN Aidit, yang saat itu merupakan Ketua Partai Komunis Indonesia (PKI).

Pada 1 Oktober 1965 dini hari, Letkol Untung, yang merupakan anggota Cakrabirawa (pasukan pengawal Istana) memimpin pasukan yang dianggap loyal pada PKI.

Gerakan itu mengincar perwira tinggi TNI AD Indonesia. Tiga dari enam orang yang menjadi target langsung dibunuh di kediamannya, sedangkan lainnya diculik dan dibawa menuju Lubang Buaya.

Baca Juga: 2 film terkait G30S PKI yang jarang ditonton, netizen wajib tahu!

Jenazah ketujuh perwira TNI AD itu ditemukan selang beberapa hari kemudian.

Halaman:

Editor: Arafat

Sumber: YouTube Delta buana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X