Menguak sejarah Sulaiman Al Qonuni penguasa muslim tersukses di era Ottoman Empire

- Jumat, 23 September 2022 | 08:08 WIB
Potret Sultan Sulaiman Al Qonuni  (Ayatul Nissa Rahmadani pinterest )
Potret Sultan Sulaiman Al Qonuni (Ayatul Nissa Rahmadani pinterest )

LOMBOKINSIDER – Sulaiman Al Qonuni tercatat sebagai muslim tersukses di era Ottoman.

Di abad ke-16 M, penguasa Kekhalifahan Usmani itu menjadi pemimpin yang sangat penting di dunia baik di dunia Islam maupun Eropa.

Di era kepemimpinannya, Kerajaan Ottoman menjelma sebagai negara adikuasa yang disegani dalam bidang politik, ekonomi, dan militer.

Pemimpin Muslim yang didapuk peradaban Barat dengan gelar ‘Solomon the Magnificient” atau ” Solomon the Great” itu adalah Sultan Sulaeman I.

Kharismanya yang begitu harum membuat Sulaeman dikagumi kawan dan lawan. Di masa kekuasaannya, Kekhalifahan Turki Utsmani memiliki kekuatan militer yang sangat tangguh dan kuat.

Sultan Sulaiman pun begitu berjasa besar penyebaran agama Islam di daratan Eropa.

Ketika berkuasa, Sulaiman Agung – begitu orang Barat menjulukinya – berhasil menyemaikan ajaran Islam hingga ke tanah Balkan di Benua Eropa meliputi Hongaria, Beograd, dan Austria.

Sukses menyebarkan ajaran Islam di benua Afrika dan kawasan Teluk Persia.

 Gelar Al-Qonuni yang melekat pada nama besarnya dianugerahkan atas jasanya dalam menyusun dan mengkaji sistem undang-undang Kesultanan Turki Usmani.

Sultan Sulaiman pun secara konsisten dan tegas menjalankan undang-undang itu. Sulaiman menerapkan syariah Islamiyah dalam memimpin rakyat yang tersebar di Eropa, Persia, Afrika, serta Asia Tengah.

Halaman:

Editor: Ayatul Nissa Rahmadani

Sumber: History Net, Wikipedia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan latah! Nikah muda itu gaboleh kalo....

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:22 WIB
X