Beginilah perjalanan Indonesia sebelum detik detik proklamasi

Arafat
- Senin, 8 Agustus 2022 | 11:13 WIB
YouTube amuza channel (gambar Soekarno sebelum kemerdekaan)
YouTube amuza channel (gambar Soekarno sebelum kemerdekaan)

LOMBOK INSIDER - Hari Kemerdekaan Indonesia diperingati setiap tanggal 17, yang ditandai dengan pembacaan teks proklamasi.

Pembacaan teks proklamasi kali pertama dilakukan oleh Insinyur Soekarno di kediamannya yaitu Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56.

Sebelum pembacaan teks proklamasi, banyak kejadian dan peristiwa penting yang terjadi sebelumnya. Di mana, pada 6 Agustus 1945, Kota Hiroshima, Jepang dijatuhi bom atom pertama oleh Amerika Serikat, sebuah bom uranium yang dijuluki little boy yang menyebabkan kota itu hancur dan menewaskan puluhan ribu orang.

Baca Juga: Lomba 17 Agustus paling seru, kocak dan unik bikin suasana hari kemerdekaan semakin seru!

i7 Agustus 1945, Jenderal Jepang yaitu Marsekal Terauchi memutuskan membentuk PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau Dokuritsu Junbi Inkai. Insinyur Soekarno bertindak sebagai Ketua PPKI posisi wakil ketua dipegang oleh dr Muhammad Hatta dan posisi penasehat dipegang Ahmad Soebardjo.

BPUPKI yang dibentuk 1 Maret 1945 dianggap bubar, berikutnya bom plutonium berjuluk Fat Man dijatuhkan di Nagasaki.

Pada 9 Agustus, oleh Amerika Serikat sebanyak 80.000 orang diperkirakan tewas pada serangan kedua ini. Kemudian di hari yang sama, Jenderal Terauchi memanggil Soekarno, Muhammad Hatta dan Radjiman ke Dalat Saigon Vietnam, untuk bertemu Marsekal Terauchi yang menegaskan Jepang akan menyerahkan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia.

Pada 14 Agustus 1945, Insinyur Soekarno, Moh Hatta, Radjiman Wedyodiningrat, kembali ke Indonesia. Kemudian golongan muda yang diwakili Sutan Syahrir mendesak golongan tua yaitu Soekarno dan Muhammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.

Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu dan terjadi kekosongan kekuasaan atau vacuum of power di Indonesia.

Halaman:

Editor: Arafat

Sumber: YouTube wahana Cerita

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jangan latah! Nikah muda itu gaboleh kalo....

Minggu, 2 Oktober 2022 | 07:22 WIB

Huma Betang, kunci kerukunan beragama di Bangsa Dayak

Rabu, 28 September 2022 | 12:36 WIB

Bolehkah istri menafkahi suami? Simak penjelasannya

Selasa, 27 September 2022 | 20:18 WIB
X