Ingin mendoakan Eril dari jauh, begini tata cara sholat ghaib sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad saw

- Minggu, 12 Juni 2022 | 08:37 WIB
Ridwan Kamil saat memimpin shalat ghaib untuk Eril di Sungai Aare Bern Swiss. Rencananya jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung Bandung.  (KBRI Bern)
Ridwan Kamil saat memimpin shalat ghaib untuk Eril di Sungai Aare Bern Swiss. Rencananya jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung Bandung. (KBRI Bern)

LOMBOK INSIDER - Rencananya jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung Bandung Jabar sebuah tempat pemakaman keluarga di kampung istri Ridwan Kamil.

Dalam rencana yang telah disampaikan oleh keluarga jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung Bandung Jabar yang berdekatan dengan Masjid Al Mumtadz.

Rencana tiba di Jakarta sore ini, jenazah Eril akan dimakamkan di Cimaung Bandung Jabar dengan terlebih dulu singgah di Gedung Pakuan, Bandung.

Baca Juga: Ridwan Kamil ungkap filosofi hidup Eril: Berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan

Ingin mendoakan Eril dari jauh, begini tata cara sholat ghaib sesuai dengan tuntutan Nabi Muhammad saw. 

Shalat ghaib adalah shalat jenazah yang dilakukan oleh kaum muslimin terhadap saudaranya yang wafat, sementara jenazahnya tidak ada di depan mereka atau berada di tempat yang lain.

Shalat Ghaib pernah dilakukan oleh Rasulullah saw di Madinah terhadap An Najasyi, seorang raja negeri Habasyah (Ethiopia) yang beragama Islam, yang wafat di negeri tersebut.

Baca Juga: Jenazah Eril tiba di Indonesia, berikut waktu sholat jenazah dan jadwal pemakaman

Pada saat itu negeri Habasyah adalah negeri Nasrani. Hal ini didasarkan pada Hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dia berkata:

Halaman:

Editor: Maulana Hasan

Sumber: muhammadiyah.or.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X