Selain Raqib dan Atid, inilah malaikat yang menyertai manusia beserta tugasnya!

- Minggu, 12 Maret 2023 | 20:57 WIB
Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya. Selain malaikat Raqib dan Atid, ternyata ada 20 malaikat yang senantiasa mengawasi manusia.  (Pixabay)
Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya. Selain malaikat Raqib dan Atid, ternyata ada 20 malaikat yang senantiasa mengawasi manusia. (Pixabay)

LOMBOK INSIDER - malaikat ialah makhluk Allah yang diciptakan dari cahaya. malaikat ditugaskan oleh Allah dengan bermacam-macam tugas. Ada yang bertugas menjaga surga, menjaga neraka, dan menyampaikan rezeki kepada hamba Allah.

malaikat tidak diberi nafsu dan syahwat. Tak berayah dan tak beribu. Tidak makan tidak minum. Tidak diberi jenis kelamin. Karenanya mereka tidak pernah maksiat dan selalu taat atas apa yang diperintahkan.   

Dikutip Lombokinsider dari NU Online, di antara malaikat juga ada yang bertugas menjadi pencatat amal. Raqib dan Atid adalah malaikat yang mengawasi gerak-gerik dan mencatat amal manusia. Tetapi ada juga malaikat lain yang memiliki tugas yang sama.

Dalam kitab Qathrul-Ghaits, Syekh Nawawi Banten menyebutkan para malaikat berdasarkan keadaan, wujud, dan tugas-tugasnya, termasuk di antaranya adalah 20 malaikat hafazhah atau malaikat yang bertugas menyertai manusia.


1. malaikat hamalatul-‘arsy atau pengemban Arasy

Mereka adalah malaikat yang tertinggi tingkatannya dan paling awal diciptakan. Di dunia ada empat dan pada hari kiamat ada delapan. Wujud mereka seperti kambing gunung. Jarak antara kuku kaki dengan lututnya sejauh perjalanan 70 tahun jika ditempuh burung yang cepat terbangnya.  

Arasy sendiri adalah permata hijau, sekaligus makhluk Allah paling agung. Setiap hari diliputi seribu warna cahaya yang tidak ada satu makhluk pun yang mampu melihatnya. Layaknya Ka’bah sebagai kiblatnya penduduk bumi, Arasy adalah kiblatnya penduduk langit. 


2. malaikat pengeliling Arasy

Disebutkan oleh Wahb bin Munabbih, di sekitar Arasy ada 70 ribu baris malaikat. Barisan demi barisan bertawaf mengelilingi Arasy. Barisan yang satu berputar, barisan yang lain juga berputar.

Ketika satu sama lain bertemu, yang satu bertahlil, yang lainnya bertakbir. Di belakang mereka masih ada 70 ribu  baris malaikat yang mengangkat tangan di pundaknya. Ketika mendengar takbir dan tahlil, mereka dengan keras mengucap tasbih:

سُبْحَانَكَ اَللّهُمَّ وَبحَمْدِكَ مَا أَعْظَمَكَ وَأَحْلَمَكَ أَنْتَ اللهُ لَا إلَهَ غَيْرُكَ أَنْتَ الْأَكْبَرُ وَالْخَلْقُ كُلُّهُمْ لَكَ رَاجِعُوْنَ  

Artinya: "Maha Suci  Engkau ya Allah, dan dengan memuji-Mu, alangkah besar  dan santunnya Engkau, Engkaulah Tuhan yang tiada tuhan selain Engkau. Engkaulah Maha Besar, dan seluruh makhluk kembali pada-Mu."

Di belakang mereka masih ada lagi 100 ribu baris malaikat. Mereka meletakkan tangan kanan di atas tangan kiri mereka. Tidak ada satu pun dari mereka kecuali bertasbih dengan tasbih yang berbeda satu sama lain. Jarak antara sayap mereka dengan sayap  lainnya adalah perjalanan 800 tahun. Jarak antara dua daun kuping dengan pundak mereka 400 tahun.  

Allah menghalangi malaikat yang ada di sekitar Arasy dengan 70  lapis penghalang dari cahaya, 70 penghalang dari kegelapan, 70 lapis penghalang dari sinar putih, 70 penghalang dari yaqut merah, 70 penghalang dari zabarjud hijau,  70 penghalang dari salju, 70 penghalang dari air, dan 70 penghalang dari es, dan penghalang yang tidak ada yang mengetahuinya selain Allah

Halaman:

Editor: Abed LI

Sumber: NU Online

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X