Sederet fakta mengejutkan tentang gempa Turki dan Suriah, pertanyaan lokasi titik gempa akhirnya terjawab

- Selasa, 7 Februari 2023 | 17:54 WIB
Gempa Bumi berkekuatan 7,8 SR melanda Negara Turki dan Suriah  (Instagram @islamicreliefuk)
Gempa Bumi berkekuatan 7,8 SR melanda Negara Turki dan Suriah (Instagram @islamicreliefuk)

LOMBOK INSIDER - Ribuan orang tewas di kedua negara akibat gempa berkekuatan 7,8 SR dan gempa susulan menyebabkan kerusakan yang meluas di Turki dan Suriah.

Gempa bumi berkekuatan 7,8 yang diikuti oleh gempa berkekuatan 7,5 menewaskan ribuan orang di tenggara Turki dan Suriah barat laut, serta melukai ribuan lainnya dan menyebabkan kerusakan yang meluas.

Gempa susulan merobohkan bangunan dan mengirim tim penyelamat untuk mencari korban selamat.

Baca Juga: Ketika detik-detik gempa bumi dahsyat yang menghantam Turki, membawa bencana baru bagi warga Suriah

korban tewas diperkirakan akan meningkat dengan para ahli memperingatkan bahwa gempa susulan dapat berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu. 

Institut geologi Denmark mengatakan getaran itu terasa hingga Greenland.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa "tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim" ke daerah yang dilanda gempa.

Reruntuhan bangunan akibat gempa yang menerpa Turki & Suriah.
Reruntuhan bangunan akibat gempa yang menerpa Turki & Suriah. (Pixabay.)

Sementara itu, Pertahanan Sipil Suriah, sebuah kelompok penyelamat yang beroperasi di wilayah Suriah utara yang dikuasai oposisi, menyatakan keadaan darurat dan mengimbau komunitas internasional untuk mendukung penyelamatan warga sipil di Suriah.

Di mana gempa terjadi ?

Gempa terjadi pada pukul 04:17 (01:17 GMT), dengan pusat gempa di Kahramanmaras di provinsi Gaziantep, sekitar 33km (20 mil) dari ibu kota Gaziantep, yang menampung lebih dari dua juta orang, termasuk ratusan ribu warga Suriah yang melarikan diri selama perang negara itu, yang dimulai pada 2011.

Badan Survei Geologi AS mencatat bahwa daerah tersebut berisi banyak bangunan yang dibangun dari batu bata atau beton rapuh, membuat mereka "sangat rentan terhadap goncangan gempa".

Baca Juga: Setelah dilamar Pilot, Dewi Perssik ungkap fakta hubungannya dengan Rian Ibram selama ini, benar tak disangka

Gempa itu terjadi sekitar 50 km (31 mil) dari perbatasan barat laut Suriah, di mana sekitar 1,7 juta pengungsi internal Suriah tinggal di sekelompok kamp di daerah yang dikuasai oleh kelompok oposisi yang masih memerangi pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Halaman:

Editor: Donald Kurniawan Silalahi

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X