Dilabeli sebagai negara pendukung terorisme oleh Uni Eropa, begini tanggapan Rusia

- Jumat, 25 November 2022 | 20:08 WIB
Uni Eropa melabeli Rusia sebagai negara pendukung terorisme imbas dari invasi yang dilakukannya kepada Ukraina  (Pinterest)
Uni Eropa melabeli Rusia sebagai negara pendukung terorisme imbas dari invasi yang dilakukannya kepada Ukraina (Pinterest)

LOMBOK INSIDER - Uni Eropa menyatakan Rusia sebagai 'negara sponsor terorisme' imbas dari kekejaman yang dilakukannya terhadap Ukraina.

Invasi yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina belakangan memang menimbulkan sejumlah dampak yang cukup signifikan, termasuk naiknya harga minyak di negara-negara Uni Eropa.

Kekejaman Rusia terhadap Ukraina berupa peluncuran rudal ataupun nuklir yang disebut menghancurkan sejumlah infrastruktur sipil Ukraina yang dianggap sebagai pelanggaran hukum internasional dan melucuti nilai kemanusiaan.

Baca Juga: Kemenperin: Penerapan industri hijau tingkatkan daya saing industri nasional yang berkelanjutan

Langkah Uni Eropa pada hari Rabu 24 November 2022, disambut baik oleh para pejabat Ukraina, yang sebelumnya telah mendorong negara-negara Uni Eropa dan NATO untuk melabeli Rusia sebagai negara pendukung teroris.

Rusia adalah negara teroris yang dikonfirmasi oleh Uni Eropa. Rusia memiliki sejarah tindakan teror terhadap negara-negara berdaulat, dukungan untuk rezim dan organisasi teroris termasuk Wagner, perang teror di Ukraina,” cuit Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba sekaligus ungkapan terima kasih atas langkah yang diambil Uni Eropa.

Namun, label 'negara pendukung terorisme' terhadal Rusia dari Uni Eropa tidak mampu mengikat secara hukum.

Baca Juga: 3 tahun menikah, rumah tangga Muzdalifah diambang kehancuran: Kompak saling tak mengikuti

Lantaran Uni Eropa tidak memiliki daftar negara yang merupakan sponsor terorisme dan tidak ada mekanisme yang jelas akan label tersebut.

Halaman:

Editor: Yusuf LI

Sumber: Aljazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa maut Turki, ilmuwan beri penjelasan ini

Rabu, 8 Februari 2023 | 06:53 WIB
X