Mengerikan, begini cara komunitas Somalia di London menghadapi krisis biaya hidup yang semakin mencekik

- Kamis, 24 November 2022 | 13:43 WIB
Banyak di antara diaspora Somalia Inggris takut akan dampak tagihan tinggi dan kenaikan biaya karena upah gagal mengimbangi inflasi
Banyak di antara diaspora Somalia Inggris takut akan dampak tagihan tinggi dan kenaikan biaya karena upah gagal mengimbangi inflasi

LOMBOK INSIDER - Pagi yang suram di Hackney, sebuah wilayah di London bagian dalam, dan aroma sup domba yang menggelegak menghangatkan ruangan.

Fadhiya, yang menjalankan pusat komunitas Somalia, menyiapkan makan siang mingguan untuk 10 wanita.

 

Setelah memarkir kereta bayi mereka di berbagai sudut, para wanita berbicara dalam bahasa Somalia, membahas tentang politik di tanah air dan sinetron Somalia terbaru  saat anak-anak mereka bermain.

Saat tidak di berada di pusat komunitas, Fadhiya, 53, bekerja sebagai petugas kebersihan kantor.

Beristirahat sejenak dari memasak, dia mengingat perjuangan keras untuk mendapatkan pusat komunitas tersebut, yang buka setiap hari Selasa dan Kamis.

 

“Ada toko Somalia di Hackney yang sekarang tutup, tempat kami akan bertemu. Itu akan mengisi begitu banyak sehingga orang bahkan harus berdiri. Jadi kami terus mencari tempat [yang lebih besar] untuk kami,” kata Fadhiya kepada Al Jazeera.

-
Wanita Somalia bertemu di Charterhouse Road Club di Hackney dua kali seminggu [Rachel Man/Al Jazeera]

Dia menghubungi Abdirahim Hassan yang berusia 38 tahun, yang, bersama saudara perempuannya pada tahun 2018, mendirikan organisasi nonpemerintah yang dipimpin oleh orang kulit berwarna di Hackney yang berfokus pada ketidakadilan sosial — Coffee Afrik.

Pada tahun 2021, dia menemukan tempat yang cocok untuk jaringan Fadhiya — Charterhouse Road Club.

Sekarang, saat mereka mulai menetap, inflasi di Inggris melonjak, dan masalah baru mengancam kehidupan mereka – krisis biaya hidup.

Halaman:

Editor: Donald Kurniawan Silalahi

Sumber: Al Jazeera

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa maut Turki, ilmuwan beri penjelasan ini

Rabu, 8 Februari 2023 | 06:53 WIB
X