Ekonomi Inggris makin sengit, Liz Truss belum setahun menjabat langsung di demo turun

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 21:36 WIB
Potret Lizz Truss  (The guardian )
Potret Lizz Truss (The guardian )

LOMBOKINSIDER– Belum sampai sebulan menjabat sebagai Perdana Menteri Inggris, masyarakat Inggris ramai ramai paksa Liz Truss untuk undurkan diri.

Liz Truss yang baru saja menjabat sesaat setelah Ratu Elizabeth II meninggal, kini masyarakat Inggris paksa Truss untuk undur diri.

Liz Truss dalam hal ini memaksakan kebijakan ekonominya, yang mana Inggris selepas kepergian Ratu Elizabeth II semakin merasa melarat, sebab naiknya harga barang dan merosotnya nilai poundsterling.

Turunnya nilai tukar poundsterling dan naiknya harga barang di Inggris membuat seluruh warga Inggris merasa kesusahan.

Tingkat pengangguran pun semakin naik.

Mayoritas warga Inggris desak Truss untuk turun dan tidak lagi menjabat.

Menurut survei, 51% dari hampir 5.000 responden ingin Truss berhenti, sementara hanya sekitar seperempat dari mereka yang disurvei percaya Truss harus tetap bertahan.

Hanya di bawah seperempat mengatakan mereka tidak memiliki pendapat khusus tentang masalah itu.

Berita itu muncul saat Truss dan Menteri Keuangan Kwasi Kwarteng menghadapi reaksi keras atas rencana pengeluaran baru yang dirancang untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan membantu meringankan dampak dari melonjaknya harga energi dalam jangka pendek.

Rencana tersebut, yang melibatkan paket besar pemotongan pajak yang tidak didanai, mengirim pound sterling jatuh ke rekor terendah terhadap dolar.

Halaman:

Editor: Ayatul Nissa Rahmadani

Sumber: The Guardian

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X