Kamala Harris wakil Presiden Amerika Serikat kunjungi DMZ Korea setelah kapal perang AS di hantam Korut

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 08:57 WIB
Potret Kamala Harris saat berada di DMZ (Ayatul Nissa Rahmadani Washington post )
Potret Kamala Harris saat berada di DMZ (Ayatul Nissa Rahmadani Washington post )

LOMBOKINSIDER – Kamala Harris yang kini menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) kini mendarat di Korea setelah Korut hantam kapal perang AS dengan rudal.

Kamala mendarat di Korea setelah kunjungannya di Jepang untuk menghadiri pemakaman dan memberikan penghormatan terakhir kepada Shinzo Abe.

Kamala Harris mendarat di Korea setelah Korut hantam kapal perang Amerika dengan Rudal.

Setelah mendarat di Korea, Kamala Harris langsung mengunjungi wilayah DMZ yakni perbatasan antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Kunjungan Kamala ini diketahui dua hari setelah mendapat kabar bahwa Korea Utara tembakkan rudal ke kapal perang Amerika Serikat di laut timur.

Kunjungan Harris ke DMZ menjadikannya sebagai pejabat senior pemerintahan Joe Biden yang memeriksa garis demarkasi yang memisahkan dua Korea.

DMZ adalah zona penyangga selebar 2,5 mil yang membentang sekitar 160 mil melintasi semenanjung dan telah memisahkan kedua Korea sejak gencatan senjata tahun 1953 dalam Perang Korea.

Saat Harris berdiri hanya beberapa meter dari sisi perbatasan Korea Utara di Area Keamanan Bersama, warga Korut yang bekerja di sebuah gedung di sisi lain mengintip dari balik tirai.

Korea Utara dan program rudal balistiknya mengganggu stabilitas perdamaian dan keamanan kawasan ini,” kata Harris, seraya menambahkan bahwa tujuan bersama AS dan Korea Selatan (Korsel) adalah denuklirisasi penuh Semenanjung Korea seperti di lansir dari Washington post Sabtu, 1 Oktober 2022.

Washington dan Pyongyang berbeda pendapat tentang arti “denuklirisasi lengkap” dalam praktiknya.

Halaman:

Editor: Ayatul Nissa Rahmadani

Sumber: washingtonpost.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X