Sosok Edward Snowden, sang mantan kontraktor keamanan AS yang pernah membocorkan dokumen rahasia negara

- Selasa, 27 September 2022 | 09:18 WIB
Mantan analis sistem Badan Keamanan Nasional Edward Snowden berbicara di Moskow, 11 Oktober 2013. (AP Photo, File)
Mantan analis sistem Badan Keamanan Nasional Edward Snowden berbicara di Moskow, 11 Oktober 2013. (AP Photo, File)

LOMBOK INSIDER - Edward Snowden, mantan kontraktor keamanan AS baru saja menerima kewarganegaraan Rusia dari Presiden Vladimir Putin.

Edward Snowden salah satu dari 75 warga negara asing yang terdaftar dalam dekrit yang diberikan kewarganegaraan Rusia. Keputusan itu diterbitkan di situs web resmi pemerintah.

Baca Juga: Putin resmi berikan kewarganegaraan Rusia kepada sang pembocor dokumen rahasia Amerika. Siapakah dia?

Dikutip Lombok Insider dari local12, Selasa 27 September 2022, Edward Snowden, telah tinggal di Rusia sejak 2013 untuk menghindari penuntutan di AS setelah membocorkan dokumen rahasia yang merinci program pengawasan pemerintah.

Edward Snowden diberikan tempat tinggal permanen Rusia pada tahun 2020 dan berencana untuk mengajukan kewarganegaraan Rusia tanpa melepaskan kewarganegaraan AS-nya.

Edward Snowden membocorkan dokumen yang menunjukkan bagaimana NSA mengumpulkan sejumlah besar data yang melewati perusahaan Internet yang berbasis di AS.

Dia juga mengungkapkan rincian tentang anggaran intelijen AS yang dirahasiakan dan tingkat pengawasan Amerika terhadap pejabat asing, termasuk para pemimpin negara-negara sekutu AS.

Snowden mengatakan, dia membuat pengungkapan karena dia yakin komunitas intelijen AS telah bertindak terlalu jauh dan secara keliru melanggar kebebasan sipil.

Edward Snowden berbicara kepada peserta melalui tautan video di konferensi teknologi Web Summit di Lisbon. (Foto AP/Armando Franca, File)

Halaman:

Editor: Arafat

Sumber: local12

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X